ADVERTISEMENT

Produk Impor Kuasai Indonesia, Doni Monardo Pertanyakan Keberadaan Produk Lokal

Senin, 7 Februari 2022 17:14 WIB

Share
Doni Monardo. (ist)
Doni Monardo. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada pertanyaan menggelitik dan seru dari Ketua Umum PPAD, Letjen TNI Purn Dr HC Doni Monardo perihal sebuah produk alat rumah tangga.

"Anda tahu produsen furniture merek Ligna kan? Yang iklannya ‘kalau sudah duduk lupa berdiri’. Nah, sekarang Ligna ke mana?," katanya, Senin (7/2/2022).

Doni melempar pertanyaan itu saat memberi pemaparan di acara tatap muka bersama pengurus pusat PPAD dan para ketua PPAD provinsi, di Hotel Yuan Garden, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

"Sekarang yang ada hanya Ikea. Itu artinya, kita ‘dijajah’ Ikea. Sementara, Ligna yang milik putra bangsa, tergusur," tambah Doni, prihatin.

Tidak berhenti sampai di situ, mantan Kepala BNPB (2019-2021) itu juga menyodorkan fakta yang mencengangkan.

"VOC yang bercokol di Tanah Air kita tiga abad lebih, saat ini menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia. Asetnya mencapai 7,9 triliun US dollar (sekitar Rp 115 kuadriliun rupiah). Sedangkan APBN kita, belum pernah lebih dari Rp 3.000 triliun. Bandingkan!,” kata Doni.

"Kekayaan itu sebagian besar disumbang dari hasil rempah-rempah kita," paparnya.

Berbicara di hadapan lebih dari 100 orang pengurus PPAD pusat dan daerah, Doni begitu antusias mengajak para purnawirawan untuk berbuat untuk bangsa.

Ketika pengabdian sebagai prajurit berakhir, bukan berarti selesai pula dalam bertugas dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

Bedanya, jika dulu memanggul senjata, utamanya di bidang keamanan dan pertahanan negara, saat ini lain.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT