ADVERTISEMENT

Waduh! Dalam Semalam Provinsi Banten Diguncang 3 Gempa

Minggu, 6 Februari 2022 13:51 WIB

Share
Kondisi sekolah MTS Ar Ribathiyah, Lebak pasca gempa. (Ist)
Kondisi sekolah MTS Ar Ribathiyah, Lebak pasca gempa. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG,  POSKOTA.CO.ID -  Gempa bumi dengan magnitudo rendah terjadi di wilayah Provinsi Banten pada Sabtu (5/2) dan Minggu (6/2/2022). Bahkan dengan intensitas gempa Banten yang mencapai tiga kali dalam satu malam.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat tiga kali gempa terjadi di wilayah Banten. Salah satu pusat gempa terjadi di wilayah perairan Anyer, Kabupaten Serang.

Gempa pertama terjadi pada pukul 19.26 Sabtu 5 Februari 2022 dengan kekuatan 2,7 magnitudo. Pusat gempa berada 51 kilometer barat daya perairan Bayah Kabupaten Lebak dengan kedalaman 24 kilometer.

Kemudian gempa kedua terjadi pada pukul 23.12 dengan kekuatan 3,9 magnitudo. Pusat gempa berada di 34 kilometer barat daya Anyer Kabupaten Serang dengan kedalaman 141 kilometer.

Tidak lama berselang sekitar pukul 23.21 gempa untuk ketiga kalinya juga terjadi dengan kekuatan 3,0 magnitudo. Kali ini pusat gempa terjadi di 60 kilometer barat daya perairan Bayah Kabupaten Lebak dengan kedalaman 24 kilometer.

Menurut keterangan BMKG gempa yang terjadi tersebut akibat pergerakan lempeng bumi.

Selain gempa yang terus terjadi di beberapa titik di wilayah Provinsi Banten, potensi bencana lainnya yakni erupsi Anak Gunung Krakatau pun masih terus terjadi pada Sabtu 5 Februari 2022.

Bahkan erupsi terakhir Anak Gunung Krakatau terjadi Sabtu (5/2) pada pukul 13.03. Tinggi kolom abu berwarna hitam teramati mencapai 2000 meter diatas puncak artinya lebih tinggi dari hari-hari sebelumnya.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Erupsi Anak Gunung Krakatau tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 2 menit 24 detik. (haryono)

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Rahmat Haryono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT