ADVERTISEMENT

Kabar Baik! Indonesia Resmi Terbebas dari Sanksi WADA, Sirkuit Mandalika Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih Pada Maret Mendatang

Sabtu, 5 Februari 2022 11:35 WIB

Share
Pemerintah resmi umumkan Indonesia terbebas dari sanksi WADA. (Yoga)
Pemerintah resmi umumkan Indonesia terbebas dari sanksi WADA. (Yoga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Indonesia akhirnya terbebas dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Itu artinya, Indonesia kini sudah bisa mengibarkan bendera Merah Putih ketika atlet naik podium.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/2/2022). 

"Pemerintah resmi umumkan sanksi WADA dicabut. Mudah-mudahan ini yang terakhir, jangan terulang lagi," kata Zainudin.

"Kita sudah bisa menjadi tuan rumah untuk kejuaraan-kejuaraan internasional, baik single event maupun multi event, kita sudah bisa mengibarkan bendera merah putih di berbagai kejuaraan dunia," tambahnya. 

Zainudin bersyukur dengan kabar baik yang dilaporkan Gugus Tugas. Terlebih, sanksi yang seharusnya diterima satu tahun bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari empat bulan.

“Terima kasih atas kerja keras Gugus Tugas karena sanksi bisa diakselerasi dalam waktu 3,5 bulan. Instruksi Presiden kepada saya adalah perbaiki komunikasi, penuhi semua permintaan WADA, investigasi kenapa sanksi bisa terjadi dan umumkan ke publik. Jadi pekerjaan Pak Okto selaku Ketua Gugus Tugas belum selesai,” kata Menpora.

Ketua NOC Indonesia yang juga Ketua Gugus Tugas, Raja Sapta Oktohari juga bersyukur karena sanksi Indonesia sudah terlepas dari sanksi WADA.

"Alhamdulillah sanksi WADA terhadap Indonesia telah dicabut. 2 Februari waktu Montreal atau 3 Februari WIB, kami menerima kabar langsung dari Direktur Jenderal WADA Olivier Niggli bahwa IADO sudah mendapat status compliance terhadap WADA Code dan kini Merah Putih bisa berkibar lagi,” kata Okto.

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan menggelar kejuaraan dunia MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok.

Dengan kabar gembira ini, maka sirkuit Mandalika pun wajib mengibarkan bendera merah putih dalam menyambut kejuaraan bergengsi tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT