ADVERTISEMENT

Survei PWS: Soal Capres 2024, Prabowo Teratas, di Bawahnya Ada Anies-Ganjar

Jumat, 4 Februari 2022 16:59 WIB

Share
Menhan Prabowo Subianto. (dok kemenhan)
Menhan Prabowo Subianto. (dok kemenhan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Nama selanjutnya adalah Ahok 50,7%, Erick Thohir 47,2%, Moeldoko 39,9%, AHY 39,2%, Gatot Nurmantyo 29,2%, Mahfud MD 26,8%, Airlangga Hartarto 20,2%, Muhaimin Iskandar 18,3%, Puan Maharani 17,8% dan La Nyalla masih konsisten berada di urutan terbawah yakni 16,6%. 

Menteri Terbaik

Tidak hanya mengukur bagaimana tingkat elektabilitas, popularitas dan akseptabilitas, PWS juga mengikuti bagaimana pendapat publik terhadap kinerja para menteri yang saat ini bertugas.

Dari riset yang dilakukannya, PWS menemukan bahwa Prabowo Subianto dianggap sebagai menteri dengan kinerja terbaik dengan perolehan sebanyak 15,1%. 

Berikutnya sebanyak 14,5% menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 13,5%, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim 11,1%. Setelah itu nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sosial Tri Risma Harini masing-masing dipilih oleh 7,8% responden. 

 

Selanjutnya muncul nama Panglima TNI Andika Perkasa yang dinilai oleh 5,6% responden sebagai pejabat setingkat menteri yang berkinerja paling baik, disusul Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono masing-masing oleh 4,5% responden. 

Lalu 4,3% menyebut nama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Setelah itu ada nama-nama seperti Mendagri Tito Karnavian mendapat 2,5%, Menko Polhukam Mahfud MD 2,1%, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1,5%, dan terakhir Menpora Zainudin Amali 1,4%.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di posisi teratas di samping faktor objektif kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan, juga tidak lepas dari masih loyalnya banyak pendukung Ketua Umum Gerindra itu pada Pilpres 2019 lalu. Hampir semua responden yang mengaku pemilih Partai Gerindra pada Pemilu 2019 juga menyebut nama Prabowo sebagai menteri yang berkinerja baik," terangnya. 

Perlu diketahui, bahwa riset PWS ini dilakukan pada 13 sampai 23 Januari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1.421 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT