ADVERTISEMENT

Puisi Sapardi Djoko Damono Dapat Dinikmati Pembaca Rusia

Kamis, 3 Februari 2022 07:00 WIB

Share
Sapardi Djoko Damono,
Sapardi Djoko Damono,

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Karya penyair Sapardi Djoko Damono yang berupa buku puisi "Hujan Bulan Juni" dapat dinikmati pembaca Rusia sejak 17 Januari 2022 lalu.

Penerbit Vodolei menerbitkan buku ini di Rusia dengan judul "дождь в июне".

Penerjemahan diprakarsai Oksana Kotkina. Dia warga Rusia yang memiliki kecintaan terhadap bahasa dan karya sastra Indonesia.

Perwakilan resmi buku-buku terbitan Gramedia untuk pasar luar negeri memberikan keterangannya pada Rabu (2/2/2022).

"Vodolei tertarik untuk memperkenalkan sastra Indonesia terutama puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono kepada pembaca di Rusia," kata Wedha Stratesti.

“Proses penerbitan buku ini yang sangat komunikatif dan penuh antusiasme, membuat kami optimistis buku ini akan diterima dengan baik di Rusia.”

Sapardi Djoko Damono wafat pada 19 Juli 2020. Karyanya saat ini telah diterjemahkan ke dalam belasan bahasa. Termasuk bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Arab, Jepang, Cina, Jawa, Bali, Italia, Portugis, Korea, Tagalog, Thai, Malayalam, Rusia, dan Urdu.

Kumpulan puisi "Hujan Bulan Juni" terakhir diterbitkan dalam bahasa Mandarin pada 2017.

Editor Sastra Gramedia Pustaka Utama, Mirna Yulistianti mengungkapkan,“Banyak jalan menuju penerjemahan karya sastra Indonesia ke bahasa asing. Dalam konteks ini Hujan Bulan Juni telah membawa nama Indonesia ke negara-negara yang lebih luas. Sebelumnya Hujan Bulan Juni telah terbit dalam bahasa Jepang, Arab, dan Mandarin. Berikutnya akan terbit dalam bahasa Thailand dan Serbia.”

“Ini pertama kali buku Gramedia Pustaka Utama terbit dalam bahasa Rusia melalui Gramedia Internasional. Sebuah pencapaian yang sangat layak diapresiasi. Jika selama ini penerjemahan kebanyakan ke bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, maka sudah saatnya pintu-pintu terjemahan ke bahasa lain kita buka,” lanjutnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT