ADVERTISEMENT

BPBD Lebak Pastikan Logistik Untuk Korban Gempa Aman, Sudah Didistribusikan ke 55 Desa

Rabu, 19 Januari 2022 19:20 WIB

Share
BPBD LEBAK Salurkan logistik untuk warga terdampak gempa (foto: poskota/ yusuf)
BPBD LEBAK Salurkan logistik untuk warga terdampak gempa (foto: poskota/ yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak memastikan ketersedian logistik untuk warga yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,6. Ketersediaan kebutuhan pokok dijamin aman, hingga beberapa waktu ke depan.

"Pemenuhan kebutuhan logistik menjadi salah satu fokus pemerintah daerah selama masa tanggap darurat bencana sejak tanggal 14 hingga 27 Januari 2022," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby, Rabu (19/1/2022).

Katanya, hingga siang tadi, BPBD sudah mendistribusikan logistik ke hampir seluruh rumah terdampak di 55 desa yang tersebar di 19 kecamatan.

“Tadi pagi kami distribusikan lagi untuk menjaga ketersediaan pangan warga terdampak, dan mengurangi beban warga yang mungkin mengungsi ke rumah tetangga atau saudaranya,” timpalnya.

Febby memastikan jika bantuan logistik akan terus didistribusikan ke masyarakat selama masa tanggap darurat. Artinya, dengan rencana tersebut ketersedian logistik harus dipastikan aman.

“Kita terus kirim logistik dan kita bekerja secara simultan agar setelah masa tanggap darurat bencana selesai data kerusakan sudah clear,” ujar Febby.

Selain distribusi logistik ke masyarakat terdampak, Pemkab Lebak dalam masa tanggap darurat juga akan memverifikasi kerusakan bangunan rumah, sarana pendidikan, tempat ibadah dan kantor pemerintahan.

"Verifikasi terhadap 274 rumah, 8 sekolah, 5 tempat ibadah dan 1 kantor desa yang dilaporkan terdampak akan dilakukan mulai besok. Hasil verifikasi oleh tim verifikator akan diserahkan ke BPBD," imbuhnya.

Seketaris Daerah (Sekda) Lebak, Budi Santoso mengatakan, Pemkab Lebak akan terus berupaya melakukan pemulihan kepada masyakat yang terdampak gempa bumi.

"Kebutuhan logistik mereka (korban gempa) harus terpenuhi, itu menjadi dasarkan kami (pemkab) melakukan pemulihan pasca bencana. Ya semoga bantuan yang didistribusikan bisa bermanfaat untuk menutupi kebutuhannya sehari-hari," pungkasnya. (Kontributor Banten/ Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Yusuf Permana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT