ADVERTISEMENT

Keren, Wasit Wanita Bakal Pimpin Pertandingan Piala Afrika 2022 untuk Pertama Kalinya

Selasa, 18 Januari 2022 11:57 WIB

Share
Salima Rhadia Mukansanga bikin sejarah di Piala Afrika 2022. (Ist)
Salima Rhadia Mukansanga bikin sejarah di Piala Afrika 2022. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID – Pertama kalinya, olahraga sepakbola akan mencatat sejarah baru. Dimana pada ajang Piala Afrika 2022, wasit wanita asal Kamerun bakal memimpin jalannya pertandingan.

Adalah Salima Rhadia Mukansanga, wasit wanita asal negara Rwanda dan tiga asisten wasit lainnya yang ditunjuk untuk memimpin pertandingan turnamen yang bertajuk Piala Afrika TotalEnergies 2022 ini.

Wanita berusia 35 tahun ini, akan memimpin pertandingan penyisihan Grup B antara Zimbabwe dan Guinea di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, Selasa, (18/1/2022).

Salima adalah bagian dari kuartet yang dipilih sebagai ofisial pertandingan pada pertandingan tersebut, untuk pertama kalinya sejak kompetisi tersebut didirikan.

Sementara itu tim Ofisial wasit wanita lainnya adalah asisten wasit Carine Atemzabong (Kamerun) dan Fatiha Jermoumi (Maroko) serta wasit VAR Bouchra Karboubi (Maroko).

Sebelumnya pada 10 Januari 2022 lalu,  Mukansanga juga membuat sejarah sebagai official wasit wanita pertama di Piala Afrika 2022  dalam pertandingan antara Guinea dan Malawi di Bafoussam.

Kepala Wasit Federasi Sepakbola benua Afrika (CAF), yaitu Eddy Maillet mengatakan momen bersejarah ini adalah hasil dari komitmen dan investasi CAF yang jelas untuk meningkatkan dan memajukan standar perwasitan di Afrika. 

Bagian dari perjalanan ini adalah 'Program Bintang' yang diprakarsai oleh FIFA dan CAF untuk mengembangkan wasit.

“Kami sangat bangga dengan Salima karena dia harus bekerja sangat keras untuk berada di tempatnya sekarang," ujar Maillet dikutip Poskota dari laman resmi CAF.

"Kami tahu bahwa bagi seorang wanita, dia harus mengatasi rintangan serius untuk mencapai level ini dan dia pantas mendapatkan banyak pujian," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT