ADVERTISEMENT

Wapres KH Ma’aruf Amin Sebut Indonesia Punya PR Tingkatkan Jumlah Angkatan Kerja Berpendidikan Tinggi  

Kamis, 13 Januari 2022 14:33 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Wisuda S1 STAIS. (Ist)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Wisuda S1 STAIS. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menegaskan pekerjaan rumah (PR) kita semua bagaimana meningkatkan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi. Sebab angkatan kerja saat ini masih didominasi lulusan SMA.

"Kita masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja berpendidikan tinggi," ungkap Wapres saat Orasi Ilmiah dalam rangka Wisuda S1 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Syaichona Moh. Cholil Bangkalan di Gedung Serbaguna Rato Ebuh di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 1, Kasorjan, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Kamis (13/01/2022). 

Wapres menyampaikan berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Tahun 2021, persentase penduduk yang menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 pada 2021 meningkat 2,2% dibandingkan 10 tahun sebelumnya. 

"Namun, angkatan kerja saat ini masih didominasi lulusan SMA dengan proporsi sekitar 32%. Sedangkan persentase lulusan pendidikan tinggi baru sekitar 10% sampai 12% dari 138 juta angkatan kerja pada 2020," tambah Wapres.

Untuk itu, lanjut Wapres, pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan SDM Indonesia hingga tercapai SDM unggul yakni generasi emas berkarakter dan berwawasan global. 

Menurutnya, salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan besar tersebut adalah kolaborasi melalui peran aktif seluruh lembaga pendidikan, khususnya sekolah tinggi. 

"Setidaknya ada 5 tantangan utama bagi lembaga pendidikan tinggi untuk dapat berkontribusi secara konkret. Pertama, mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)", ujar Wapres. 

Penguasaan iptek pun, kata Wapres juga harus diimbangi dengan penguatan keimanan, nasionalisme, dan akhlak mulia. 
"Tujuannya agar pemanfaatan iptek benar-benar membawa kemaslahatan bagi bangsa dan negara, sementara kita tetap mampu menjaga identitas diri di tengah berbagai tantangan dunia modern," urainya.

Adapun tantangan kedua, sebut Wapres, adalah pengembangan pendidikan berbasis teknologi digital. Perguruan tinggi harus bisa memanfaatkan teknologi digital secara optimal terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, sehingga proses pembelajaran tetap terus berlanjut meskipun dilaksanakan secara online. 

"Namun demikian, kita tidak boleh meninggalkan cara belajar secara tatap muka (musyafahah) seperti diajarkan oleh para salafunas solihun," tegasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT