Tiba di Madinah, 414 Jamaah Umrah Indonesia Langsung Jalani Karantina di Hotel

Minggu, 9 Januari 2022 17:59 WIB

Share
Salah satu hotel yang digunakan jamaah umrah Indonesia untuk melakukan karantina di Madinah. (Ist)
Salah satu hotel yang digunakan jamaah umrah Indonesia untuk melakukan karantina di Madinah. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 414 jemaah umrah Indonesia telah tiba di Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu malam (8/1/2022), pukul 19:30 waktu setempat.

Itu disampaikan Konjen RI Eko Hartono yang dihubungi di Jakarta, Minggu (9/1/2022). Mereka langsung menjalani karantina selama lima hari, ada 15 hotel di Madinah untuk karantina mereka.

"Setelah itu, pada Senin (10/1/2022) akan menjalani tes PCR untuk mendeteksi positif atau tidak Covid-19," terang Eko.

Ia menambahkan dari 419 jemaah umrah yang direncanakan berangkat ke Tanah Suci, lima orang diantaranya gagal berangkat, sehingga yang tiba di Tanah Suci keseluruhan 414 orang.

"Saya tidak tahu pasti penyebab kelima jemaah tersebut batal berangkat. Namun, saya mendapatkan informasi ada terkait masalah paspor," tutur Eko.

Dihubungi terpisah, Konsul Haji di Jeddah, Endang Jumali mengungkapkan setelah melaksanakan karantina, mereka akan melaksanakan ibadah salat di Masjid Nabawi, Madinah sebelum berangkat ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah.

"Namun mereka akan menjalani karantina terlebih dahulu selama lima hari dan melaksanakan tes PCR," Endang menjelaskan. 

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latif melepas pemberangkatan perdana 419 jemaah umrah Indonesia ke Tanah Suci, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Pelepasan jemaah umrah tersebut dilakukan setelah mereka menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede.  Dalam acara itu, hadir, Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin.

Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengungkapkan, pesan menteri agama agar mematuhi aturan di tanah air dan di Arab Saudi. (johara)

Reporter: Agus Johara
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar