ADVERTISEMENT

Sebelum Terlambat! Lindungi Mata Anak dari Bahaya Sinar Gadget

Jumat, 7 Januari 2022 10:50 WIB

Share
Anak-anak yang sedang asyik bermain gadget
Anak-anak yang sedang asyik bermain gadget

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan gadget saat ini sudah menjadi hal yang tak terhindarkan, tak terkecuali bagi anak-anak. Dalam kesehariannya anak-anak sangat dekat dengan gadget, sehingga harus diperhatikan bagi para orang tua, karena jika tidak, paparan sinar gadget dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan mata anak. Sebelum terlambat, lindungi mata anak dari bahaya sinar gadget.

Aktivitas anak seperti sekolah daring online, menonton televisi, atau menonton video hiburan di youtube dari hp dapat menyebabkan beberapa gangguan pada mata anak, seperti mata minus, mata kering, iritasi, mata merah, pandangan kabur,kelelahan mata, hingga mata berair. Gangguan pada mata ini disebut dengan Digital Eye Strain (DES).

Menurut Dr. Tay Su Ann, Pediatric Ophthalmology and Adult Strabismus Service di Singapore National Eye Centre (SNEC) ketika menggunakan ponsel, mata berjarak sangat dekat dengan objek, dan ini berkaitan erat dengan gangguan mata miopi atau rabun jauh.

Agar anak terhindar dari bahaya sinar gadget, berikut cara yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi anak dari bahaya paparan sinar gadget;

1. Batasi waktu penggunaan gadget. Orang tua harus tegas untuk membatasi penggunaan gadget. Sebagai contoh dalam sehari orang tua bisa membatasi maksimal 2 jam bagi anak untuk menggunakan gadget mereka.

2. Konsumsi sayur dan buah kaya vitamin. Beri anak asupan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel, brokoli, pisang dan lainnya. Agar mata anak terlindungi dari dalam.

3. Atur jarak pandang mata ke gadget. Selalu perhatikan jarak pandang mata anak ke gadget, jarang pandang ke gadget yang aman adalah 20-30 cm.

4. Hindari penggunaan gadget sambil tiduran. Selalu peringatkan anak untuk tidak bermain gadget sambil tiduran.

5. Atur pencahayaan. Sinar gadget yang teralu terang dan terlalu gelap juga dapat berbahaya bagi anak. Oleh karena itu sesuaikan pencahayaan yang pas, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Itulah cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melindungi anak dari bahaya sinar gadget.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT