152 Orang Terpapar COVID-19 Varian Omicron, Begini Ciri-Cirinya

Selasa, 4 Januari 2022 09:18 WIB

Share
Petugas berpakaian apd lengkap membawa 1 orang diduga terinveksi covid-19 berjenis omicron.(Ist)
Petugas berpakaian apd lengkap membawa 1 orang diduga terinveksi covid-19 berjenis omicron.(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Jumlah kasus Virus Corona varian Omicron di Indonesia terus bertambah. Kali ini, jumlahnya telah mencapi 152 orang. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Jadi jumlah kasus Omicron Indonesia sekarang 152,” Kata Luhut dalam konferensi pers secara daring pada Senin (3/1/2022).

Dalam pencegahannya, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan menjelaskan beberapa cara untuk mencegah agar tak terpapar varian Omicron yakni menggunakan masker, menjaga jarak, kalau di ruang tertutup perhatikan ventilasi ruangan, hindari kerumunan, dan lakukan pelacakan kontak yang lebih ketat.

Kepala Asosiasi Medis Afsel, dokter Angelique Coetzee, menyebutkan gejala Omicron sangat berbeda dari varian Delta. Ia menyebut gejala Omicron sangat mirip dengan gejala pilek atau flu. Berikut ciri-ciri gejala varian Omicron:

 

1. Sakit kepala

2. Nyeri tubuh

3. Tenggorokan gatal

Sementara itu Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan gejala umum varian Omicron yang terdeteksi sejauh ini:

1. Batuk kering dan tenggorokan gatal (89 persen)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar