ADVERTISEMENT

152 Orang Positif Covid-19 Varian Omicron , Menkes: Belum Begitu Serius

Selasa, 4 Januari 2022 09:42 WIB

Share
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto/kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto/kemenkes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kasus positif varian Omicron virus Covid-19 kian hari makin meningkat.

Tercatat hingga Senin, 3 Januari 2022 terdapat 152 kasus Omicron yang terdiri dari 142 kasus impor pelaku perjalanan internasional dan transmisi lokal.

"152 kasus Omicron di Indonesia, setengahnya itu tanpa gejala. Sementara sisanya terdapat gejala ringan," jelas Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari PMJnews, Selasa (4/1/2022).

Sebanyak 34 pasien Omicron dari total 152 kasus tersebut, telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Budi menyampaikan, bahwa hingga kini pasien Omicron belum ada yang menggunakan tabung oksigen lantaran saturasinya masih tinggi sekitar 95%.

"Sampai saat ini tidak ada yang membutuhkan penanganan serius di rumah sakit, hanya cukup diberikan obat dan vitamin," kata Budi.

Selanjutnya, menurut Budi, penyebaran Omicron di Indonesia berawal dari para pelaku perjalanan internasional yang baru tiba dari Turki, Uni Emirat Arab, Arab Saudi hingga Amerika Serikat.

Budi mengimbau masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri untuk menundanya sementara waktu. Mengingat varian Omicron sangat cepat penularannya.

"Penularan virus Omicron ini terus meluas, terlebih saat libur pergantian tahun, yang mana itu terjadi saat mobilitas masyarakat kian meningkat,” terangnya.

Sementara itu, sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Pemerintah menyiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi potensi penambahan penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT