Dewan Minta Bupati Lebak Koordinasi dengan BBWSC3 Perbaiki Bendungan Cicinta Maja
Rabu, 3 Februari 2021 15:31 WIB
Share
Anggota DPRD Lebak, Abdul Rohman. (yusuf/kontributor)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Rusaknya waduk atau bendungan Cicinta yang berada di Kecamatan  Maja, Kabupaten Lebak, telah menyebabkan aliran air pada sungai tersebut meluap, hingga merendam puluhan rumah warga di Kecamatan Maja.  

Atas hal tersebut, Anggota DPRD Lebak, Abdul Rohman alias Komeng meminta kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3), untuk segera melakukan perbaikan dan normalisasi pada bendungan Cicinta, Kecamatan Maja. 

Menurut Komeng, hal tersebut  perlu dilakukan mengingat banjir yang merendam 42 rumah warga di Kecamatan Maja itu disebabkan adanya pendangkalan atau endapan lumpur pada kawasan bendungan, dan juga kondisi bendungan sendiri yang saat ini sudah rusak.

"Sudah sampaikan hal ini kepada Bupati dalam hal ini Dinas PUPR bidang Sumber Daya Air (SDA)  agar segera berkoordinasi  untuk menginventarisir apa saja kerusakan yang menjadi penyebab banjir ini, " kata Komeng saat melakukan  peninjauan ke lokasi Banjir di Kecamatan Maja, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Sungai Cicinta Meluap, Pemukiman Warga di Maja Terendam Banjir

Lebih jauh, ia mengungkapkan, bendungan Cicinta ini sendiri merupakan situ tandah hujan, yang seharusnya siap untuk menampung debit air hujan maupun kiriman dari aliran sungai.  

Namun,  karena kondisinya yang sudah tidak terawat ini menyebabkan adanya pendangkalan lumpur sehingga menyebabkan air sungai tidak dapat mengalir dengan lancar, dan meluap ke permukiman warga. 

"Terlebih lagi ada pintu utama yang tersumbat, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar, " ungkapnya. 

Baca juga: Camat Maja Ungkap Penyebab Banjir Bukan Hanya Hujan Lebat, Tapi Karena Faktor Ini

Dirinya berharap agar, pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk segera memperbaiki bendungan tersebut sehingga kejadian banjir seperti saat ini tidak dapat terulang kembali. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler