Download E-Paper

Komisi III DPR Apresiasi Rencana Pembuatan Pedoman UU ITE Oleh Kepolisian

Senin, 22 Februari 2021 - 11:34
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Presiden RI Joko Widodo memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memerintahkan jajaranya agar selektif dalam memproses pelanggaran UU ITE. 

"Saya harap, adanya Rencana pembuatan pedoman UU ITE yang akan dibuat kepolisian yang merupakan uraian 'Rincian Detail' dari pasal-pasal multitafsir atau pasar karet. Pedoman ini akan menjadi pegangan dari penyidik agar perbedaan tafsir dapat dieleminir atau dikurangi," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh, saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Kapolri Inginkan Korban Sendiri yang Melapor Terkait UU ITE, Ini TIndak Lanjut Mabes Polri

Ia memberi apresiasi pembuatan pedoman tersebut yang didalamnya akan dibuat aturan bahwa pelapor harus datang sendiri tanpa diwakilkan.

"Kami.juga mengharapkan adanya pengawasan yang ketat dari pimpinan sehingga tidak ada lagi orang yang di kriminalisasi dan dapat memenuhi unsur keadilan yang selama ini didamkan oleh masyarakat," kata politisi PAN ini.

Ia mengatakan, Diperlukan juga evaluasi yang komprehensif terhadap jalannya penanganan kasus UU ITE ini agar dapat diketahui kelemahan yang ada.

"Kami berharap dengan adanya penanganan kasus-kasus   yang berkeadilan ini diharapkan publik dapat memberikan saran-saran yang konstruktif terhadap penyelengaraan pemerintahan tanpa diikuti rasa ketakutan terjerat hukum," bebernya.

Pangeran juga berharap, pengguna ITE dapat menggunakan medaia dengan lebih hati-hati dan beretika. (rizal/tha)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->