ADVERTISEMENT

Jelang Tahun Baru 2022, Petugas Gabungan akan Gelar Razia Petasan dan Kembang Api Ilegal

Jumat, 24 Desember 2021 09:49 WIB

Share
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan (cr02)
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan (cr02)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan pihaknya akan mengawasi  penjualan petasan dan kembang api tanpa izin edar seperti yang telah ditetapkan Polda Metro Jaya terkait pelarangan pesta kembang api saat malam pergantian tahun baru.

"Ini tetap kita lakukan pengawasan. Nanti penertiban seperti apa, kita akan lihat dan akan melakukan upaya penyelidikan terkait peredaran yang ilegal," ungkap Erwin kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Kendati demikian, Erwin menyampaikan untuk kembang api yang mempunyai izin penjualan, maka diperbolehkan.

"Kembang api itu kalau yang ada izinnya maka diperbolehkan dalam ukuran tertentu, terutama yang impor. Itu sesuai dengan STR (Surat Telegram) kita dari Mabes Polri maupun dari Polda," tuturnya.

Kata Erwin, kembang api yang tergolong ilegal yakni dibuat secara home industry (industri rumahan). Sebab, dibuat tanpa ada ukuran serta indikator yang dibuat sehingga membahayakan.

"Tidak ada unsur safety (keselamatan) sehingga bisa meledak kapan saja," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian mengatakan, pihaknya segera melakukan razia penjualan petasan ilegal hingga malam pergantian tahun baru mendatang.

"Kita akan melakukan penyisiran ke tempat penjualan, kita larang karena tidak ada pesta pada saat perayaan tahun baru itu. Jadi kita akan lakukan razia sampai H-1 tahun baru. Kita akan lakukan razia ke penjual-penjual petasan," ungkap Budhy.

Sebelumnya dikabarkan, Polda Metro Jaya melarang warga melakukan pesta kembang api dan petasan pada malam pergantian tahun yang dapat menimbulkan kerumunan, karena berpotensi terjadi penyebaran Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Polda Metro Jaya akan menurunkan personel untuk mengantisipasi adanya kegiatan pesta kembang api dan petasan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT