ADVERTISEMENT

Formula E di Monas dan Senayan Sempat Jadi Polemik, Crazy Rich Tanjung Priuk: Kawasan Ancol Sesuai dengan Standar FEO dan FIA

Rabu, 22 Desember 2021 14:12 WIB

Share
Peta lokasi sirkuit balap mobil listrik Formula E di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. (Ist)
Peta lokasi sirkuit balap mobil listrik Formula E di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. (Ist)

POSKOTA.CO.ID - Ancol secara resmi telah ditetapkan sebagai venue yang dinilai terbaik untuk penyelenggaraan Formule E pada Juni 2022 mendatang.

Hal ini dinyatakan oleh Ketua Organizing Committe Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni yang diamini oleh Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Teuku Sahir Syahali.

Penetapan lokasi sirkuit untuk Formula E ini bukan asal penempatan, tetapi kata Crazy Rich dari Tanjung Priok itu mengonfirmasi jika pihaknya telah mengantongi persetujuan dari Formula E Operation (FEO) dan Federation Intenaionale de I'Automobile (FIA).

Ia menyebutkan, jika kawasan Ancol dinilai sangat cocok dengan penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 mendatang.

Sebelumnya, dua tempat; Monas dan Senayan, menjadi polemik di tengah masyarakat Jakarta, bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap menjadi sasaran kritik.

Jakpro, yang merupakan penyelenggara, mencoba mencari solusi lain dan kawasan Ancol dinilai sangat tepat dengan standar FEO dan FIA.

Disebutkan, jika kawasan Ancol sudah sesuai dengan standar yang diinginkan FEO dan FIA..

Salah satu pertimbangannya adalah, trek atau kondisi jalan di kawasan Ancol memiliki kontruksi yang katanya sudah tepat.

Pasalnya, ajang Formula E sendiri memang dikonsep sebagai ajang balap mobil listrik untuk trek jalannan, mengingat tren kendaraan di masa depan tengah menyambut elekritifikasi secara global pada 2030.

“Untuk ajang Formula E yang Insya Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara,” ujar Sahroni, Rabu (22/12/2021).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT