ADVERTISEMENT

Penerapan Gage di Empat Ruas Tol Jabodetabek Jelang Nataru Masih Wacana, Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya: Faktanya itu Belum Diputuskan 

Selasa, 21 Desember 2021 15:35 WIB

Share
Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono . (Ist)
Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono . (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ganjil genap di empat ruas Tol Jabodetabek jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) batal dilaksanakan. Pemberlakuan ganjil genap tersebut masih bersifat situasional.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan informasi ganjil genap di empat ruas jalan tol masih dalam bentuk wacana.

Wacana pemberlakukan ganjil genap berada di jalan Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi apabila mobilitas warga tinggi saat Nataru.

"Jadi ada kabar resmi berlaku 20 Desember 2021 itu informasi hoaks. Karena faktanya itu masih wacana belum diputuskan," kata Argo saat dihubungi wartawan, Selasa (21/12/2021).

Kata Argo, pihaknya akan melihat situasi mobilitas warga saat jelang hari natal dan tahun baru. Apabila terjadi lonjakan signifikan, maka akan diterapkan ganjil genap di keempat ruas jalan tol tersebut.

Evaluasi mobilitas, kata Argo dilakukan beberapa hari sebelum hari H natal dan hari H tahun baru.

"Jelang akhir tahun misalnya tanggal 30 Desember 2021 terjadi lonjakan luar biasa, maka itu nanti ada skema seperti pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB akan diberlakukan ganjil genap di empat ruas jalan tersebut," jelasnya.

Namun kata Argo, akan tetap ada sosialisasi ganjil genap apabila kebijakan itu jadi diberlakukan.
Kebijakan juga akan menunggu Surat Edaran (SE) Direktur Lalu Lintas Angkutan jalan (Ditjenhubdar).

Sampai saat ini kata Argo, belum terlihat adanya kenaikan mobilitas arus mudik Nataru. Arus lalu lintas terpantau masih ramai di dalam kota.

Sebelumnya viral di media sosial ganjil genap diberlakukan di jalan Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi pada 20 Desember 2021.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT