ADVERTISEMENT

Tim Pengabdian Masyarakat UI Depok, Kenalkan Gaya Hidup CERDIK Pada Kader Posbindu 

Senin, 20 Desember 2021 10:31 WIB

Share
Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Badra Al Aufa, S.K.M., M.K.M membuka acara pelatihan Kader Posbindu PTM. (Angga)
Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Badra Al Aufa, S.K.M., M.K.M membuka acara pelatihan Kader Posbindu PTM. (Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA. CO. ID - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia, menggelar kegiatan Pelatihan Kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Puskesmas Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (20/12/2021).

Kegiatan dipimpin langsung Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Badra Al Aufa, S.K.M., M.K.M.

Menurut Badra acara ini bertujuan dapat memberikan pengetahuan informasi serta keterampilan kepada 26 Kader Posbindu PTM yang hadir dalam  peningkatan kualitas hidup penyandang penyakit kronis di masa Pandemi Covid-19.

Badra menjelaskan Posbindu PTM merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang aktif dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular, sehingga kehadirannya sangat penting dalam pendeteksian dini dan pengendalian faktor risiko PTM pada seluruh masyarakat yang berusia mulai dari 15 tahun ke atas.

"Antipasi guna mencegah penularan Covid-19 pada pelayanan Posbindu PTM, maka perlu diterapkan protokol kesehatan mulai dari persiapan, pelaksanaan dan pasca kegiatan. Kegiatan pelayanan perlu berkoordinasi dengan Puskesmas dan Satgas Covid setempat, kader dalam kondisi sehat, alat dan tempat didisinfeksi, terdapat sarana cuci tangan serta melakukan sistem penjadwalan kunjungan peserta, " ucapnya kepada Poskota usai acara.

Badra menambahkan dalam tahap pelaksanaan, seluruh kader tetap menjalankan anjuran Prokes 5M dan tentunya tidak bergejala Covid 19.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Kader Posbindu PTM dapat mengaktifkan kembali kegiatan Posbindu PTM dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam wujud protokol kesehatan yang ketat, " ungkap Badra.

Penyakit tidak menular merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dan perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang atau kronis. Penyebab terbesar PTM merupakan gaya hidup yang tidak sehat.

“Dalam kesempatan ini kami mengajak para kader untuk mengkampanyekan gaya hidup CERDIK yang merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola Stres,"terangnya.

Para peserta dibekali materi tentang pengelolaan Posbindu PTM dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, Pendeteksian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular serta Pentingya Aktivitas Fisik dalam Gaya Hidup CERDIK.

Rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Penyuluhan Kesehatan kepada Masyarakat dan Pelatihan Kader Posbindu PTM ini terselenggara atas hibah pendanaan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI.

Sementara itu kegiatan ini dibuka oleh drg. Iva Nur Faridah selaku Kepala Puskesmas Mampang. "Bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sejalan dengan program Puskesmas dalam upaya peningkatan cakupan skrining faktor risiko penyakit tidak menular di wilayah Mampang, " ucap drg. Iva, Kepala Puskesmas Mampang. (angga) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT