ADVERTISEMENT

Penuhi Target Indonesia Digital 2021 - 2024, Warkop Digital Siapkan Pelatihan Online Cybers Academy Tiap Desa

Senin, 20 Desember 2021 23:54 WIB

Share
Pemerintah Provinsi Bengkulu MoU dengan PT Cybers Bengkulu Indonesia untuk mendigitalisasi UMKM dengan rencana menghadirkan Warkop Digital. (Ist)
Pemerintah Provinsi Bengkulu MoU dengan PT Cybers Bengkulu Indonesia untuk mendigitalisasi UMKM dengan rencana menghadirkan Warkop Digital. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT


JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kebutuhan akan sumber daya manusia talenta digital sangat penting dan mendesak ketika Presiden Joko Widodo meluncurkan target Indonesia Digital 2021-2024. 


Untuk mempercepat target Indonesia Digital 2021-2024, Warkop Digital telah bergerak untuk mengakselerasi digitalisasi Indonesia yang dimulai dari desa.

Sumber daya manusia di desa tidak boleh luput dari keterlibatan Go Digital 2021-2024, sebab talenta-talenta pedesaan yang fasih digital akan memberikan dukungan ekonomi UMKM digital yang bakal menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Karena itu, untuk menciptakan agen-agen digital di pedesaan yang sejalan dengan program Indonesia Digital, Warkop Digital menyediakan pelatihan online Cybers Academy di tiap desa.

Cybers Global Indonesia menyediakan platform edukasi terbarukan berbasis digital yang disebut Cybers Academy. Platform ini menghadirkan metode pembelajaran yang uni, praktis, fleksibel, dan menyenangkan, bahkan bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun di seluruh Indonesia.

Variasi konten yang ditawarkan terdiri dari pendidikan formal dan non-formal, yang disajikan lewat perspektif kreatif dengan trainer-trainer berkualitas. Cybers Academy hadir di Warkop Digital di setiap desa dan akan menjadi salah satu dari platform digital hub yang ditawarkan Warkop Digital.  

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyadari betapa pentingnya untuk mentransformasi desa-desa Bengkulu ke arah digital, bukan hanya untuk mencapai komitmen Industri 4.0 pemerintah pusat, tetapi digitalisasi ekonomi juga membuktikan kesinambungan di kala pandemi COVID-19.

"Termasuk semua jenis UMKM dan koperasi, kegiatan di pedesaan termasuk pelayanan administrasi dan Adminduk sudah harus bertransformasi ke era digital," papar Gubernur Rohidin Mersyah saat Launching Warkop Digital pada Desa Digital dan Desa Wisata, pada beberapa waktu lalu.

Gubernur Rohidin mengatakan, kehadiran Warkop Digital yang diinisiasi oleh Cybers Global Indonesia bisa menggerakan ekonomi desa dengan pendekatan digital.

"Saya kira untuk pendekatan bisnis anak-anak kekinian di era digital jelas sangat penting, sehingga kemandirian desa betul-betul terjamin," terangnya.

Selain bisnis kopi yang telah menjadi komoditas unggulan Bengkulu, Warkop Digital juga bisa menjadi tempat memasarkan komoditas unggulan desa-desa terkait, contohnya bawang merah hasil pertanian Desa Karang Jaya.

Warkop Digital juga wadah untuk pencari kerja dengan menawarkan bursa kerja yang dinamakan Talent Hub, termasuk memberikan pelatihan-pelatihan kerja yang sedang diminati saat ini antara lain Digital Marketing, Developer Website, hingga pelatihan untuk bisnis kopi seperti barista dan pemasaran usaha kopi. 

Agen-agen digital juga bisa meraup untung dengan pendapatan dari transaksi digital seperti QRIS, PPOB, POS Online, listrik, PDAM, dan lain-lain.

Selain di Bengkulu, Warkop Digital akan hadir di 8.490 kelurahan dan 75.436 desa di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini sejalan dengan target pemerintah, 30 Juta UMKM Go Digital pada 2030 dan sebagai akselerasi Program Konektivitas Digital 2021. (ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT