ADVERTISEMENT

Gempabumi Berkekuatan M5,1 Guncang Jember, Sebanyak 31 Rumah Rusak

Kamis, 16 Desember 2021 23:52 WIB

Share
Rumah Warga yang rusak akibat gempa M 5,1 di Jember. (dok BNPB)
Rumah Warga yang rusak akibat gempa M 5,1 di Jember. (dok BNPB)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pusat Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB melakukan pemutakhiran dampak gempabumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,1 mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur pada Kamis, (16/12/2021).

Hasil pendataan sementara per Kamis (16/12) pukul 12.26 melaporkan terdapat 31 rumah rusak dengan  tingkat kerusakan beragam, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat. 

Selain itu terdapat 1 unit pondok pesantren dan 1 unit balai Desa Wonoasri, termasuk rumah sakit.

Terdapat lima kecamatan yang terdampak kejadian ini, Desa Ambulu, Desa Sumberejo, Desa Andongsari, Desa Sabrang yang terletak di Kecamatan Ambulu, Desa Wonoasri, Desa Pondokrejo, Desa Curahnongko, Desa Sidodadi di Kecamatan Tempurejo.

Lebih lanjut dan Desa Dukuhdempok, Desa Kesilir, Desa Lojejer, Desa Tanjungrejo di Kecamatan Wuluhan, Desa Sidomulyo di Kecamatan Silo dan Desa Jambuarum di Kecamatan Puher.

Demikian disampaika Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya di Jakarta Kamis sore (16/12/2021).

 

Sebagai upaya percepatan penanganan darurat, pemerintah daerah, tim BPBD Kabupaten Jember dan unit terkait langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pendataan dan pendistribusian bantuan logistik kepada warga terdampak.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Jember sebelumnya pernah diguncang gempa dengan skala magnitudo 5,3 dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer yang terjadi pada Senin (13/12).

 "Menyikapi hal ini, BNPB menghimbau untuk masyarakat tetap tenang dan waspada. Diharapkan tidak mempercayai sumber berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan," papar Abdul Muhari.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT