Edukasi Kelistrikan pada Kendaraan, Rifat Sungkar: Ada 4 Kriteria Kelistrikan yang jadi Bagian Penting

Rabu 15 Des 2021, 07:34 WIB
Rifat Sungkar berbagi edukasi tentang kelistrikan pada kendaraan. (Foto/MMKSI)

Rifat Sungkar berbagi edukasi tentang kelistrikan pada kendaraan. (Foto/MMKSI)

POSKOTA.CO.ID - Rifat Sungkar, selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia coba berbagi tentang pemeliharaan kendaraan khususnya di bagian kelistrikan yang merupakan bagian penting yang berperan erat dalam kinerja kendaraan.

Dalam presentasi yang digelar secara virtual oleh PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Selasa (14/12/2021), Rifat menjelaskan kalau system kelistrikan atau elektrikal itu ada 4 kriteria.

“Mungkin kita berfikir mobil itu punya bagian elektrikal, tapi yang tahu elektrik itu cuma lampu dan aki. Padahal di kendaraan, elektrikal itu ada 4 kriteria, yang pertama kelistrikan bagian luar, kedua di interior, ketiga di mesin dan keempat dalam sistem keamanan kendaraan,” buka Rifat.

Pembalap yang baru saja meraih juara umum di Kejurnas Sprint Rally 2021 ini juga menjelaskan secara gambling dari 4 kriteria kelistrikan yang ada pada kendaraan.

“Untuk Bagian elektrikal body di dalam sebuah kendaraan kita selalu bagi, dua tipe kabel yakni body harness dan engine harness. Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, sound system,. Itu semua body harness,” jelasnya.

“Sedangkan untuk engine harness itu berhubungan dengan penggerak yakni engine dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yag berhubungan dengan ECU. Otak dari mobil kita,” tambahnya.

“Kedua, elektrikal interior Ini bagian dalam mobil. Ini memang bagian dari body harness, cuma bagian dalamnya saja. Ini saya mungkin harus menyampaikan lebih detail karena di sistem kelistrikan yang suka banyak gangguan, suka banyak yang modifikasi audio, aksesoris, chargernya banyak dan iverter. Sementara kendaraan itu sudah punya teknologi mbust, satu kabel body untuk keseluruhan,” terangnya.

Masih dengan Rifat, dia pun lanjut menjelaskan kriteria kelistrikan yang ketiga, yaitu kelistrikan di bagian mesin yang disebut dengan kategori engie harness.

“Saya rekomen sekali spesifikasi engine harness mohojn jangan dimodifikasi karena sistem engine harness akan sangat mempengaruhi performa kendaraan. Misalnya mobil mobil yang jaman sekarang ditingkatkan powernya dipasang unicip. Saya kurang rekomen, karena dalam pabrikan semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paing optimial. Optimal dari power dan konsumsi bahan bakar,” paparnya.

Terakhir menurut Rifat, yang keempat adalah eltrikal sistem keamanan. Ini nyambung dengan nomor tiga. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman sistem elektrikal kenyamanan dan keamanan terintegrasi dengan nengine harness.

“Keamanan yang ada di sini juga ada dua pasif dan aktif, untuk engine keamanan, tapi keamanan aktif di mobil itu sudah meputi HSA, ESC, dan Cruise Control. Semua yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan,” ungkapnya.

Berita Terkait
News Update