ADVERTISEMENT

Presiden Jokowi Sambut Baik Kerjasama Keamanan Informasi Indonesia dan Rusia

Senin, 13 Desember 2021 21:22 WIB

Share
Menlu Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan. (biro pers)
Menlu Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan. (biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo menyambut baik terkait penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerjasama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay P. Patrushev, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Rencananya penandatanganan kerjasama itu akan dilakukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md., dan Sekretaris Patrushev pada Selasa (14/12/2021).

"Sekretaris Patrushev akan melakukan konsultasi bilateral bidang keamanan dengan Menkopolhukam dan ini merupakan konsultasi yang keenam kalinya," tambah Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta.

Menlu Retno mengatakan bahwa Rusia adalah mitra baik Indonesia. Indonesia akan terus mengembangkan strategic trust dengan semua negara dan semua mitra Indonesia. 

"Strategic trust ini sangat penting sebagai fondasi untuk membangun sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghormati," tambah mantan Duta Besar RI untuk Belanda.

Ia menambahkan strategic trust ini juga diperlukan untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera dan Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang damai stabil dan sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut, kata Retno, Presiden juga menyampaikan bahwa di tahun 2023 Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN. Untuk itu, Presiden Jokowi mengharapkan kerja sama dengan Rusia selama keketuaan Indonesia di ASEAN.

Turut mendampingi Presiden saat menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Patrushev yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md., Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menlu Retno juga menjelaska sebelum menerima kunjungan kehormatan tersebut, Presiden juga menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony J. Blinken. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT