ADVERTISEMENT

Tahun Baru, Apa yang Harus Diperbuat

Kamis, 9 Desember 2021 07:54 WIB

Share
Sentil: Tahun Baru.
Sentil: Tahun Baru.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TAHUN baru kita kemana kek”” tanya sang cucu kepada kakeknya.

Kakek tersenyum. Loh memangnya kalau tahun baru harus bikin acara. Tahun baru, apa yang Harus Diperbuat. Tahun baru dan tidak tahun baru kan sama saja .

Cucu:” Soalnya ada teman yang sudah merancang acara pergi bersama keluarganya kek”

Kakek: “Oh itu. Kita  juga bisa bikin acara spesial kalau mau. “

Cucu bersemangat. Wah.. asyik. Bikin acara apa kek.

Kakek mengusulkan. Nanti pas malam tahun baru. Kalau tidak ada perubahan, hari Jumat (31/12/2021) malam, sehabis Isya, kita gelar tikar. Kan ada tuh tikar dari kain tebal kayak kasur, kita gelar biar nyaman. Terus kita duduk bersama.

Sang cucu yang masih penasaran bertanya. “Mau makan malam bersama, makan spesial ya kek.  Mbakar – mbakar ikan ya kek?”.

Kakek menjelaskan. Bukan makan spesial bersama. Bukan pula membakar ikan segala. Kalau disebut membakar adalah menggelorakan rasa syukur. Kita wajib bersyukur masih diberi kesehatan, masih bisa berkarya, masih bisa merasakan segala nikmat yang diberikan Allah swt.

Nah, rasa syukur itu bukan sebatas mengucapkan terima kasih. Mensyukuri nikmat harus ada tindak lanjut dengan melakukan perbuatan yang lebih bermanfaat lagi sehingga nikmat kita akan ditambah lagi. Begitu seterusnya, begitu juga ajaran para leluhur.

Agama apapun juga mengajarkan pemeluknya untuk selalu merasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan, apapun nikmat yang kita dapat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT