ADVERTISEMENT

2 Jenazah Kembali Ditemukan, Korban Jiwa Akibat Erupsi Gunung Semeru jadi 34 Orang

Selasa, 7 Desember 2021 15:08 WIB

Share
TNI AL dan Tim SAR Gabungan menemukan dua Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru. (foto: dispen lantamal v)
TNI AL dan Tim SAR Gabungan menemukan dua Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru. (foto: dispen lantamal v)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LUMAJANG, POSKOTA.CO.ID - Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam dari jajaran TNI Angkatan Laut Lantamal V bersama Tim SAR Gabungan menemukan dua jenazah korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021) pagi.

Dua jenazah laki-laki tanpa identitas itu ditemukan saat tim tersebut melaksanakan penyisiran di wilayah sektor Curah Koboan, Kabupaten Lumajang, Jatim. Hingga berita ini diturunkan, kedua jenazah itu dibawa ke Posko Gabungan untuk diidentifikasi.

Ratusan personel telah dikerahkan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya guna melaksanakan Satgas Penanggulangan Bencana Alam yang saat ini sudah berada di Posko Utama Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang, Jatim. 

Pasukan dikerahkan terdiri dari personel Dinas Kesehatan Lantamal V, Prajurit Marinir dari Batalyon Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V dan Pangkalan TNI AL Malang. 

Pasukan yang dikerahkan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan seperti tenda lapangan, obat-obatan, ambulans, dukungan kesehatan lainnya, hingga truk operasional dan kendaraan taktis, guna melaksanakan evakuasi dan pertolongan kepada masyarakat terdampak bencana. 

“Ini merupakan respons cepat jajaran TNI AL Lantamal V dalam penanggulangan bencana alam di wilayah kerja Lantamal," ungkap Komandan Lantamal V, Laksamana pertama TNI Yoos Suryono Hadi, seusai memberikan instruksi pengerahan Satgas menuju Semeru.

Sementara itu, Basarnas melaporkan, jumlah korban meninggal terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, hingga siang tadi, bertambah menjadi 34 orang.

"Hingga saat ini jumlah korban meninggal sebanyak 34 orang dan 16 orang masih dalam pencarian," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Surabaya I Wayan Suyatna kepada sejumlah wartawan di Posko Lapangan Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim.

 

Lihat juga video "Kepala BNPB Gunakan Motor Trail Tinjau Infrastruktur yang Rusak Akibat Erupsi Gunung Semeru. (youtube/poskota tv)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT