Kadishub: Pemberlakuan Ganjil Genap di Jalan Margonda Depok Sebagai Bentuk Menyambut PPKM Level 3 Skala Nasional

Senin, 6 Desember 2021 12:09 WIB

Share
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto. (foto: angga)  Kadishub Kota Depok Eko Herwiyanto
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto. (foto: angga)  Kadishub Kota Depok Eko Herwiyanto

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, pemberlakuan kebijakan sistem Ganjil Genap (Gage) di Jalan Margonda, Kota Depok, sebagai bentuk pengurangan mobilitas menyambut akan diberlakukan PPKM Level 3 skala nasional.

Sesuai aturan In mendagri Nomor 63 Tahun 2021 terkait  kebijakam tentang akan diberlakukan PPKM Level 3 skala nasional Jawa - Bali menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) , salah satu upaya pemberlakuan gage ini adalah salah satu penunjang.

“Kita menindaklanjuti Inmendagri Nomor 63 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa-Bali. Intinya untuk mengurangi membatasi mobilitas orang dalam rangka mengurangi kerumunan,”ujarnya kepada Poskota usai dikonfirmasi, Senin (6/12/2021).

Mantan Sekdis Disporyata Kota Depok ini menuturkan setiap akhir pekan, kawasan Jalan Margonda selalu tejadi kepadatan. Sehingga untuk mengurangi beban jalan tersebut dilakukan sistem ganjil genap.

“Kita semua tahu Jalan Raya Margonda saat akhir pekan mengalami kemacetan lumayan berat. Oleh karena itu hari ini mulai kita lakukan uji coba penerapan ganjil genap di Margonda,” ungkapnya.

Pemberlakuan ganjil genap di Jalan Margonda diberlakukan mulai dari pukul 12.00 WIB - 18.00 WIB.

"Hanya berlaku untuk kendaraan roda empat saja. Pengecualian dilakukan untuk kendaraan warga yang memang tinggal di Jalan Margonda dan kendaraan khusus seperti ambulan," tambahnya.

Selain itu Eko menambahkan Nanti akan ada evaluasi untuk membandingkan antara pekan yang sama di minggu yang lalu dengan hari ini.

"Namanya juga baru sebatas uji coba. Nanti akan Kota kaji bersama dengan semua stakeholder yang ada terkait gage ini, " tutupnya. (*) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar