ADVERTISEMENT

Catat! Mudah, Begini Cara Cetak Kartu BPJS Melalui JKN Mobile

Rabu, 1 Desember 2021 12:43 WIB

Share
Logo BPJS Kesehatan (Foto: @bpjskesehatan_ri/Instagram_
Logo BPJS Kesehatan (Foto: @bpjskesehatan_ri/Instagram_

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Bagi kalian yang kartu BPJS Kesehatannya rusak atau hilang, Anda tidak usah mendatangi kantor BPJS, karena kalian tinggal mendaftar secara online.

Pasalnya, kartu BPJS kesehatan penting untuk Anda ketika peserta aktif hendak berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan program JKN.

Sebagai informasi, JKN ada dua cara untuk mencetak kartu BPJS kesehatan secara online, yakni melalui aplikasi JKN atau langsung mengakses situs resminya.

Anda bisa mendownload aplikasi yang sudah disediakan, yakni JKN Mobile yang tersedia di perangkat Android maupun iPhone. Nah, berikut langkahnya.

Unduh aplikasinya terlebih dahulu di smartphone, selanjutnya Anda buka aplikasi JKN Mobile. Jika Anda belum mendaftar, klik opsi Daftar yang tertera pada layar di sebelah bawah lalu ikuti alur pendaftarannya.

Bagi peserta yang sudah terdaftar dan terverifikasi, login UserID dan Password yang digunakan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Selanjutnya, pada tampilan utama aplikasi masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, Password, serta kode captcha yang ditampilkan.

Setelah berhasil login, pilih menu Kartu Peserta dengan ikon kartu yang letaknya ada di layar sebelah bawah, di samping menu Home. Kemudian, kartu peserta KIS Anda ditampilkan di layar, pilih opsi Kirim Email di kanan bawah layar.

Kemudian akan muncul notifikasi pop up "Apakah Anda ingin mengirim kartu e-ID ke email?" Setelah itu Klik YA untuk mencetak kartu.

Kartu BPJS Kesehatan akan dikirimkan melalui email yang Anda gunakan untuk mendaftar di aplikasi BPJS dalam bentuk e-ID.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT