ADVERTISEMENT

Yuuk! Edukasi Anak Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 26 November 2021 11:51 WIB

Share
Ilustrasi anak patuh prokes.(irda)
Ilustrasi anak patuh prokes.(irda)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA , POSKOTA.CO.ID  – Pandemi Covid-19 membuat segala sendi kehidupan berubah. Perilaku dalam beraktivitas sehari-hari juga berubah.

Masyarakat punya kebiasaan baru untuk memproteksi diri dari paparan virus corona. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas (5 M) adalah kebiasaan baru protokol kesehatan (prokes) yang wajib dijalani.

Tak ada yang kebal terhadap Covid-19. Terlebih anak-anak yang masuk dalam kelompok rentan. Itu sebabnya kelompok anak-anak menjadi salah satu target edukasi penerapan prokes.

Hanya saja, perlu cara sendiri untuk membuat anak-anak mandiri dalam menjalankan prokes, tanpa harus dipaksa orang tua.

Bagaimana membuat si kecil mematuhi prokes tanpa harus dipaksa ? Tentu ada caranya. Paling utama adalah, orangtua harus menjadi guru memberi contoh pada anak-anaknya.  

Selalu mengenakan masker ketika keluar rumah, dan mencuci tangan pakai sabun adalah kebiasaan yang harus diajarkan kepada anak-anak.

Beri penjelasan pada si kecil mengapa kita wajib mencuci tangan dan pakai masker ketika keluar rumah, ke sekolah, ke mal atau ke tempat lainnya. Ciptakan suasana senang ketika si kecil harus memakai masker. 

Anak-anak paling suka dengan benda atau barang yang bagus menurut mereka. Nah, kini aneka model masker dan konektor (pengait masker) warna-warni dengan karakter lucu sangat banyak di pasaran dan bisa menjadi pilihan si kecil. 

Si anak akan senang dan beegaya mengenakan masker dengan warna atau gambar karakter di masker. Jangan lupa, pilih masker yang aman dan nyaman dikenakan anak-anak. Sehingga si kecil akan merasa masker adalah sebuah kebutuhan. (*/Irda)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT