Anies Baswedan Harus Kembalikan Komitmen Fee ke Penyelenggara Formula E

Selasa, 23 November 2021 23:32 WIB

Share
Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta), Azas Tigor Nainggolan. (ist)
Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta), Azas Tigor Nainggolan. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Perkotaan, Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi Azas Tigor Nainggolan menilai ada kejanggalan dalam dalam kasus korupsi di Proyek ajang balapan Formula E Jakarta.

Terkait itu, Azas meminta Anis untuk mengembalikan pembayaran komitmen fee ke penyelenggara Formula E lewat Instruksi gubernur dari APBD tahun  2019. 

"Ya. Anis harus mengembalikan  komitmen fee ke penyelenggara Formula E lewat Instruksi gubernur dari APBD tahun 2019 yang lalu," kata Azas Tigor Nainggolan saat dihubungi, Selasa (23/11/2021) malam.

Sebab kata Azas Tigor, Belum ada ada proyek tapi sudah ada uangnya. Inilah yang menjadi pertanyaan Azas Tigor Nainggolan. 

"Kejanggalan lagi di proyek Formula E. Anies Baswedan, gubernur Jakarta Pinjam uangnya dulu katanya untuk bayar komitmen fee proyek formula E di bulan Agustus 2021. Tapi proyek Formula E baru dibahas untuk masuk ke APBD Perubahan baru bukan September 2021," katanya saat dihubungi, Selasa (23/11/2021) malam.

Azas malah bertanya, mengapa begitu ngotot untuk Formula E? Apakah benar uang tersebut dibayarkan kepada penyelenggara Formula E.

"Kejanggalan ini yang harus diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," tegasnya.

Aneh sekali proses proyek Formula E, lanjut Azas, masa uUangnya dulu baru dibuat kegiatannya atau kebutuhannya. 

Seharusnya kan ada kebutuhannya dulu baru bicara pengadaan duitnya. 

"Kalau di proyek Formula E ini Anies Baswedan mengadakan duitnya dulu, meminjam uang ke Bank Jakarta pada bulan Agustus 2019. Sementara pembahasan proyeknya masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) pada bulan September 2019. Ya harusnya ada dulu proyeknya dalam APBD baru mengadakan duitnya atau anggarannya," bebernya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar