Kabar Baik, Soal Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi, Menhub: Tahap 1 Bogor-Cigombong Ditargetkan Selesai Maret 2022

Senin, 15 November 2021 09:28 WIB

Share
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan jalur ganda kereta api Bogor - Sukabumi. (Foto/Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri PUPR Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan jalur ganda kereta api Bogor - Sukabumi. (Foto/Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan jalur ganda kereta api Bogor - Sukabumi.

Menhub mengatakan, pembangunan tahap 1 jalur ganda KA dari Bogor - Cigombong, ditargetkan selesai pada Maret 2022.

"Kami hadir di sini untuk memastikan pembangunan infrastruktur transportasi, tetap berjalan di tengah pandemi sebagaimana arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo. 

"Dengan selesainya proyek tahap 1 jalur ganda KA Bogor-Cigombong, diharapkan angkutan penumpang dan barang bisa lebih produktif," kata Menhub, Minggu (14/11/2021).

Menhub mengungkapkan, revitalisasi dan pembangunan jalur ganda KA Bogor - Sukabumi sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat tingkat kebutuhan mobilitas penumpang dan barang yang tinggi antar kedua kota tersebut.

Dengan adanya jalur ganda KA Bogor - Sukabumi nantinya, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang tadinya 2 jam menjadi hanya 1 jam 20 menit saja.

Kemudian, meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian. 

Serta, meningkatkan jumlah kapasitas penumpang dari 2844 orang/hari menjadi 5688 orang/hari dan kapasitas angkut barang dari 648 ton/hari menjadi 2592 ton/hari.

Menhub bersama Menteri PUPR juga meninjau proyek pembangunan jalan tol Bogor-Cibadak, untuk melihat progres pembangunan yang merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Bogor-Sukabumi. 

Pada kesempatan yang sama, Menhub dan Menteri PUPR juga sempat mengajak para masinis dan petugas pengatur perjalanan kereta api untuk sarapan bersama, serta memberikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada para insan transportasi yang tetap semangat menjalankan tugas meski di tengah pandemi Covid-19.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar