ADVERTISEMENT

Wajib Tahu Nih! Pemkot Jakpus Fasilitasi Uji Emisi Gratis Terbatas untuk 200 Mobil

Selasa, 9 November 2021 15:40 WIB

Share
Uji emisi gratis. (foto: ist)
Uji emisi gratis. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis untuk 200 mobil di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Jalan Rawasari Timur, Cempaka Putih.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Marsigit mengatakan uji emisi gratis tersebut dibuka untuk umum khusus warga DKI Jakarta pada Rabu (10/11) pukul 08.00 WIB.

"Besok ada uji emisi gratis, hanya untuk mobil saja. Satu hari saja. Tinggal datang saja langsung, daftar, dan membawa kelengkapan surat seperti STNK," kata Marsigit saat dikonfirmasi, Selasa (9/11/2021).

Marsigit menjelaskan penyelenggaraan uji emisi juga menggandeng 4 rekanan bengkel untuk memfasilitasi uji emisi kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel.

Sementara itu, kendaraan motor dapat melakukan uji emisi gratis di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Jalan Mandala V, Cililitan, Jakarta Timur.

Jika antrean membludak, pengendara dapat melakukan uji emisi secara mandiri di bengkel dan kios rekanan. Di Jakarta Pusat sendiri, ada 23 lokasi kios yang melaksanakan uji emisi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting, mendorong masyarakat untuk segera melakukan uji emisi kendaraan.

"Kita melakukan itu sebagai upaya kita dalam mengurangi emisi gas buang dari kendaraan, serta mendukung Program Langit Biru oleh Pemerintah," kata Bakwan.

Adapun Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya berencana menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum dan tidak lolos uji emisi pada Januari 2022.

Kendaraan-kendaraan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat batas normal emisi akan mendapatkan sanksi tilang sebesar Rp250 ribu untuk roda dua dan Rp500 untuk roda empat. (cr-05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT