Hadapi Cuaca Ekstrim, Bupati Bogor Ingatkan Warga untuk Waspada dan Siaga di Bulan November  dan Desember 

Selasa, 9 November 2021 10:32 WIB

Share
Bupati Bogor Ade Yasin (ist)
Bupati Bogor Ade Yasin (ist)

 

BOGOR, POSKOTA. CO. ID - Dalam menghadapi cuaca ekstrim intensitas curah hujan yang tinggi, Bupati Bogor Ade Yasin minta warganya untuk siap siaga.

Hal ini dikarenakan pada bulan November ini menjadi bulan hati-hati bencana. Dimana curah hujan yang tinggi kerap menimbulkan bencana. Tidak terkecuali di kawasan Puncak.

Menurut orang nomor satu di pemerintahan daerah Kabupaten Bogor, Ade Yasin mengingatkan bahwa di bulan November untuk hati-hati bencana, sedangkan Desember puncaknya.

"Kami minta warga Kabupaten Bogor agar tingkatkan kewaspadaan dan ekstra hati-hati bencana sewaktu -waktu bisa datang kapan saja di cuaca ekstrim hujan  seperti ini tetap siaga," ujarnya kepada wartawan usai dikonfirmasi, Selasa (9/11/2021).

Selain itu Ade minta kepada masyarakat yang baik di hulu ciliwung maupun hilir Ciliwung bersama untuk menjadi jaga kelestarian alam.

"Jangan membuang sampah di bawah (hilir Ciliwung) . Juga hal yang serupa di atas (hulu Ciliwung) jangan menebang pohon,"ungkapnya.

Sejumlah tebing longsor, juga saluran irigasi jebol dan jalan rusak akibat banjir. Tidak hanya itu, Ratusan jiwa Terdampak bencana.

Sementara itu terpisah Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan dalam waktu satu hari saja telah tercatat ada sebanyak 12 kejadian bencana.
"Warga terdampak ada 260 jiwa dan yang terancam ada 31 jiwa, " ucapnya.

Kejadian bencana hidrometeorologi di kawasan Puncak pada Minggu (7/11/2021) kemarin tercatat ada dua kejadian.

Disebutkan Adam ada pertama yanah longsor di Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, kedua Cikeretek - Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.

"Alhamdullilah tidak ada korban jiwa, hanya ada tiga kendaraan yang rusak jenis mobil akibat tertimpa material longsor, " tambahnya.

Adam menghimbau masyarakat tetap waspada dan siaga selama musim hujan ini.

"Waspada bencana dan selalu disiplin proses. Tetap disiplin dalam menjalankan prokes (Protokol Kesehatan) serta menjaga jarak dan selalu gunakan masker, " tutupnya. (angga) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar