ADVERTISEMENT

Pengamat Militer: Pangkostrad Letjen Dudung Abdurrachman dan Letjen Eko Margiyono Berpeluang Jadi Kasad

Jumat, 5 November 2021 12:51 WIB

Share
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman. (ist)
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, di tubuh TNI AD memang banyak jenderal bintang tiga yang mumpuni, baik yang bertugas di lingkungan TNI AD maupun di luar. 

Menurut pengamat militer dari ISESS tersebut, kini ada dua jenderal bintang tiga yang berpeluang besar menjadi kandidat Kasad, keduanya adalah Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman dan Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono.

"Tapi sebagian besar sudah cukup senior dan menjelang pensiun. Karena itu yang paling berpeluang sebagai kandidat pengganti Jenderal Andika di jabatan Kasad saya kira adalah Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman dan Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono," kata Khairul, Jumat (5/11/2021).

Di atas kertas, lanjutnya,  nama Dudung memang diunggulkan dan dinilai sebagai jago istana.

"Tapi saya kira Eko Margiyono juga bukan tidak mungkin karena masa aktifnya lebih panjang dan dari segi kapabilitas saya kira juga sangat layak," ujarnya.

Selain itu, pergantian Kasad  ini juga harus mempertimbangkan proyeksi regenerasi kepemimpinan TNI. Karena siapapun yang menjabat nanti, mestinya akan berpeluang juga menjadi Panglima TNI setelah Andika.

"Nah, Dudung tidak diuntungkan dari segi usia. Masa aktifnya akan berakhir pada November 2023, sama seperti Yudo Margono, artinya, akan kecil kemungkinan untuk menguat di bursa Panglima," ucapnya.

Bila  sekaligus mempertimbangkan regenerasi TNI setelah Andika, maka  tidak tertutup juga peluang mempromosikan seorang perwira bintang dua dalam waktu dekat untuk kemudian disiapkan sebagai Kasad. 

"Saya kira ada sejumlah perwira bintang dua dari generasi 90an yang layak diorbitkan ke bintang tiga, atau bahkan bintang empat dalam waktu dekat," tutupnya. (*)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT