Bahaya! Main HP saat Lampu Gelap Sebabkan Kanker, Berikut Tips Aman Penggunaanya

Senin, 1 November 2021 21:37 WIB

Share
Main HP saat Lampu Gelap Sebabkan Kanker (Pixabay)

Dampak lain dari bermain handphone di tempat atau ruangan yang adalah mengganggu jam tidur. Karena cahaya biru pada ponsel dapat menurunkan hormon melatonin, dimana hormon tersebut merupakan yang memicu seseorang mengantuk. Sehingga ketika kita bermain handphone ditempat gelap terutama ketika menjelang tidur, menyebabkan kita tidak mengantuk dan jam tidur kita akan berantakan.

Lantas berikut adalah tips aman gunakan hp dalam sehari-sehari

1. Batasi penggunaan HP menjadi seperlunya saja.

2. Cobalah untuk mematikan HP setidaknya 30 menit sebelum tidur. Jaga suasana kamar agar tetap gelap dan tenang agar kualitas tidur lebih baik.

3. Kurangi cahaya di layar HP, bersihkan layar secara rutin, jaga jarak antara mata dan layar, serta besarkan ukuran teks untuk mencegah risiko terjadinya mata lelah.

4. Hindari penggunaan HP saat sedang berkendara. Jika benar-benar perlu, sebaiknya berhentilah di tepi jalan sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.

5. Saat menggunakan HP, cobalah untuk tidak terlalu menunduk. Beristirahatlah setiap 20 menit dan lakukan peregangan pada tangan, lengan, punggung, dan leher.

6. Lakukan latihan seperti yoga atau pilates secara rutin untuk mengurangi kekakuan otot akibat terlalu banyak menggunakan HP.

7. Jangan menggunakan HP saat berjalan untuk menghindari risiko terjatuh dan cedera.

8. Gunakan hands-free saat menelepon atau mendengarkan musik jika khawatir terhadap dampak radiasi HP pada otak (Aufar Rofyana Asy Syarof)

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler