Gas Pol! Susi Pudjiastuti Sebut Harga PCR Masih Mahal: India Aja Bisa Murah, Kenapa Indonesia Tidak Bisa?

Kamis, 28 Oktober 2021 13:34 WIB

Share
Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)
Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)

"Pesawat komersial dilengkapi dengan HEPA sebagai filter terhadap virus, sehingga menurut ikatan pilot Indonesia transportasi udara mendapatkan perioritas untuk diutamakan pemulihannya," sambungnya.

Ia juga menilai penggunaan Rapid Test sebagai syarat penerbangan sudah tercukupi untuk dijadikan keamanan di jalur udara.

Pasalnya, berdasarkan para peneliti saat ini seperti ICAO, IATA dan WHO menyatakan test Antigen memiliki akurasi yang baik.

Terlebih lagi, Antigen lebih murah dan cepat untuk digunakan sebagai alat test.

"Penelitian juga menunjukkan bahwa rasio penularan di udara sangat rendah serta didukung protokol kesehatan yang ketat di bandara, serta telah divaksinnya pekerja maupun penumpang. Maka transportasi udara sangat aman," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Asosiasi pilot garuda (APG) menyatakan keberatan atas aturan penumpang pesawat yang melakukan perjalan dari dan ke pulau Jawa dan bali wajib menunjukan tes negatif Covid19 dengan metode RT-PCR.

Keberatan tersebut berdasarkan beredarnya surat edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid19 Nomor 21 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi covid19 dan SE Kementerian Perhubungan Nomor 88 tahun 201.

"Ketika aturan persyaratan perjalanan moda transportasi udara diperketat kembali dengan aturan diatas, ini akan kembali memberatkan calon penumpang dan berdampak langsung kepada berkurangnya tingkat keterisian pesawat yang pada akhirnya memukul sektor pariwisata," terang Donny Kusmanagri Plt. Presiden APG melalui keterangan tertulis yang diterima Poskota, Selasa (26/10/2021).

Menurut Donny, keberatan itu bukan tanpa alasan terlebih teknologi pesawat dilengkapi dengan HEPA filter yang berfungsi mencegah penularan virus di dalam pesawat dan berdasarkan penelitian dari berbagai pihak menunjukan angka penularan Covid19 di pesawat sangat kecil dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Prokes yang ketat serta persyaratan vaksinasi juga diterapkan baik bagi awak pesawat maupun penumpang,"imbuhnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar