KIP Beri Penghargaan ke DPR, Puan Sebut Keterbukaan Kerja Parlemen untuk Rakyat

Rabu, 27 Oktober 2021 17:28 WIB

Share
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Italia. (ist)
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Italia. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan kepada DPR sebagai Badan Publik Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Ketua DPR Puan Maharani menyebut, pencapaian tersebut sebagai wujud nyata DPR bekerja secara terbuka kepada rakyat.

"Ini bukti dari keterbukaan parlemen yang menjadi prinsip kami dalam bekerja," kata Puan, Rabu (27/10/2021). 

DPR mendapat predikat Badan Publik Informatif dengan nilai 96,52 dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang digelar pada Selasa (26/10/2021).

Sejak dilantik pada 2019, Puan telah menegaskan ingin mewujudkan parlemen yang modern dan terbuka.

"Selain agar menjadi parlemen modern, kami terus berupaya menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang terbuka dan aspiratif. Ini sebagai bentuk transparansi kami kepada masyarakat," katanya.

Menurut Puan, dibutuhkan dukungan dari masyarakat untuk membangun parlemen yang modern dan terbuka. DPR juga terus berupaya memberikan informasi pada setiap kegiatan kepada publik yang sejalan dengan teknologi informasi.

"Ada beragam sarana yang kami buat supaya masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat terkait DPR. Kita punya sejumlah platform pelayanan informasi yang memudahkan keterlibatan masyarakat, seperti SILEG, SIAR, SIMAS PUU,” papar Puan.

Ia  menyebut, keterbukaan parlemen merupakan bentuk tanggung jawab DPR sebagai lembaga yang mengusulkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Puan menegaskan komitmennya yang ingin menjadikan DPR sebagai rumah rakyat sesungguhnya. 

"Kami akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan dari masyarakat. DPR terus mendorong terciptanya partisipasi publik agar kinerja kami dapat betul-betul dirasakan rakyat," ungkapnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar