ADVERTISEMENT

Waspada, Ini Dia 12 Kecamatan di Lebak Ini Rawan Diterjang Angin Puting Beliung

Selasa, 26 Oktober 2021 15:46 WIB

Share
Angin puting beliung porak porandakan belasan rumah warga Lebak. (BPBD Lebak)
Angin puting beliung porak porandakan belasan rumah warga Lebak. (BPBD Lebak)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan akan terjadinya bencana seperti angin puting beliung.

Hasilnya, BPBD Lebak mencatat ada 12 Kecamatan di Kabupaten Lebak yang rawan akan terjadinya bencana tersebut.

Ke 12 Kecamatan itu yakni Kecamatan Cimarga, Kecamatan Leuwidamar, Kecamatan Rangkasbitung, Maja, Curugbitung, Muncang, Wanasalam, Cibadak, Gunungkencana, Cibeber, Panggarangan dan Bayah.

"Kami imbau warga agar mewaspadai adanya potensi angin kencang atau puting beliung dimusim peralihan dari musim hujan ke kemarau ini, khususnya di daerah-daerah tersebut,"  kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama, Selasa (26/10/2021).

"Karena daerah tersebut merupakan jalur angin yang rawan terjadinya angin kencang atau puting beliung," timpalnya.

Selain Puting Beliung, kata Febby, di musim pancaroba ini bencana hidrometeorologi yang dapat berdampak mematikan lainnya yang juga harus diwaspadai adalah tanah longsor, dan banjir. 

Lebih jauh, ia mengungkapkan, Kabupaten Lebak dapat dikategorikan sebagai daerah zona merah yang rawan akan longsor. Dengan terdapat 14 Kecamatan yang menjadi titik rawan longsor yang tersebar di setiap Kecamatan di Lebak.

Ke 14 Kecamatan di Kabupaten Lebak yang masuk dalam titik rawan longsor itu adalah, Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong.

Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang,  Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.

Dirinya mengingatkan kepada warga akan mewaspadai akan terjadinya potensi kedua bencana tersebut, dengan tetap berada di dalam rumah dan menghindari pohon besar saat terjadi angin kencang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT