Ritual Sukmawati Pindah Agama, Putra Bung Karno Toto Suryawan: Kalau Diundang Tidak akan Datang

Senin, 25 Oktober 2021 09:36 WIB

Share
Toto Suryawan bersama Guntur Sukarnoputra. (ist)
Toto Suryawan bersama Guntur Sukarnoputra. (ist)

JAKARTA , POSKOTA.CO.ID -  Putra Bunga Karno dari istrinya Kartini Manoppo, Toto Suryawan Sukarno terkejut mendengar kabar mbaknya Sukmawati Sukarno Putri akan  menggelar ritual pindah agama dari Islam ke Hindu. 

Dari undangan yang diperoleh ritual itu akan digelar  di Bale Agung Singaraja, Bali, pada Selasa (26/10/2021).

"Saya kaget bukan main mengetahui mbak Sukmawati akan menggelar ritual pindah agama. Setahu saya, Bapak (Bung Karno, red) memberikan guru agama ternama untuk anak-anak di istana," kata Toto saat dihubungi, Senin (25/10/2021).

Meski begitu, sebagai adik lain ibu, dirinya tidak bisa mencampuri urusan pribadi mbaknya Sukmawati Sukarno Putri. Sebab katanya, masalah agama atau kepercayaan itu sangat personal sekali.

"Menurut saya untuk kepindahan agama oleh seseorang itulah adalah hak yang telah diyakininya. Dan saya harap itu bukan karena dipengaruhi oleh pihak atau hal tertentu, sebagai negara Pancasila yang ber-Bhineka Tunggal Ika," tegasnya.

Toto tidak kecewa meski tidak diundang dalam acara ritual pindah agama tersebut. "Dia (Sukmawati Sukarno Putri, red) tahu kalau saya nasionalis yang tetap berprinsip Islam agama yang kita anut sampai kapanpun dan tidak ada tawar menawar! Kalau diundang pasti tidak datang," tegasnya meyakinkan.

Sebelumnya, Anggota DPD yang juga Kepala Sukarno Center di Bali Arya Wedakarna sekaligus penanggung jawab acara,  mengatakan, bahwa dirinya ditunjuk oleh Sukmawati untuk membantu mengatur upacara Sudhi Wadhani atau upacara pengukuhan serta pengesahan ucapan atau janji seseorang yang secara tulus ikhlas dan dengan hati yang suci menyatakan menganut Agama Hindu.

Dalam undangan yang diperoleh tercantum nama Arya Wedakarna sebagai pimpinan gawean acara ritual pindah agama tersebut. 

"Benar sedang kami siapkan acara di Bali," katanya.

Dari agenda acara yang diperoleh, akan dimulai pada Senin, (25/10/2021) di Bali dimana diawali dengan kedatangan rombongan Sukmawati Bandara Nugrah Rai Bali dan langsung menuju  Lovina Buleleng, Melukat Ring Segara.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar