ADVERTISEMENT

Dugaan Korupsi Jalan Desa Cidahu, Penyidik Tipikor Polres Serang Kantongi Calon Tersangka

Senin, 25 Oktober 2021 08:21 WIB

Share
Ilustrasi korupsi (ist)
Ilustrasi korupsi (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Proyek betonisasi jalan desa dan paving block jalan desa di Desa Cidahu, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, terindikasi korupsi karena diduga tidak sesuai dengan spesifikasi.

Penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Serang saat ini telah menaikan dari penyelidikan ke tahap penyidikan proyek dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Cidahu tahun 2019 tersebut. 

Diperoleh keterangan, penyalahgunaan APBDes Cidahu tersebut awalnya dilaporkan ke Ditreskrimsus Polda Banten pada 2020 lalu. Oleh penyidik, penanganan kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Polres Serang.

"Penanganan perkara awalnya di Polda, kemudian dilimpahkan ke Polres Serang," ujar sumber di lingkungan Polres Serang, Minggu (24/10/2021). 

Setelah menerima pelimpahan perkara tersebut, tim penyelidik mulai melakukan pemeriksaan terhadap para pihak terkait. Dari keterangan dan barang bukti yang didapat, tim penyelidik menemukan perbuatan melawan hukum. 

Perkara tersebut kemudian dilakukan gelar perkara dan dinaikan ke tahap penyidikan. "Waktunya saya tidak ingat kapan dinaikkan ke tahap penyidikan," ungkapnya. 

Ia membenarkan dalam penggunaan APBDes terdapat proyek fisik yang diduga tidak sesuai spesifikasi. Proyek tersebut berupa betonisasi jalan desa dan paving block jalan desa. "Tapi bukan fiktif, cuma volume yang tidak sesuai dan menjadi temuan," ujarnya. 

Sejak dilakukan proses penyidikan, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi. Mereka kebanyakan berasal dari aparatur Desa Cidahu dan pejabat Pemkab Serang. 

"Saksi sudah banyak dari pejabat Pemkab Serang ada. Saksi yang diperiksa tentunya yang berkaitan dengan kasus tersebut," katanya. 

Ia mengakui, penyidik telah mendapati calon tersangka dalam kasus tersebut. Namun, ia enggan membocorkan calon tersangka yang dimaksud. Sebab, penyidik saat ini belum merampungkan pemeriksaan saksi dan menerima audit kerugian negara. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT