Takjub! Daun Bidara Ternyata Punya Segudang Manfaat, Salah Satunya Bisa Tangkal Kanker

Rabu, 20 Oktober 2021 14:50 WIB

Share
Daun bidara punya segudang manfaat (Pinterest/@masfikr)
Daun bidara punya segudang manfaat (Pinterest/@masfikr)

Buah bidara digunakan untuk menyembuhkan insomnia, karena kandungan didalam buah diperkaya memiliki kualitas obat penenang yang dapat merilekskan pikiran dan tubuh.

Sebagai Obat Anti Kanker

Didalam daun bidara terdapat adanya senyawa yaitu berupa alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid yang memiliki efek sitotoksik sebagai antikanker.

Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan:

Sebagai Anti Oksidan

Penelitian yang dilakukan oleh Haeria (2016) menyimpulkan bahwa ektrak daun bidara memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, hal ini berkat kandungan plavanoid yang terkandung di dalamnya. Sehingga bagi tubuh dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebagai Anti Depresan

Khasiat sebagai antidepresan pada daun bidara akibat kandungan alkaloid dan plavanoid yang efeknya pada otak menimbulkan potensi stimulasi susunan saraf pusat yang menghambat terjadinya depresi.

Mengendalikan Diabetes

Aktivitas antidiabetik ekstrak daun bidara diperoleh melalui mekanisme penghambatan enzim-enzim pemecah karbohidrat menjadi glukosa yang terdapat di saluran cerna, dua golongan enzim yang dihambat ialah Amilase dan Glukosidase. Berfungsi mempengaruhi pencernaan karbohidrat dan absorbsinya sehingga dapat mencegah peningkatan kadar glukosa darah setelah makan. (Aufar Rofyana Asy Syarofi)

Halaman