ADVERTISEMENT

Pemkot Jakarta Timur Bentuk Tim Saber Pungli Tingkat Kecamatan

Kamis, 7 Oktober 2021 15:55 WIB

Share
Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad. (cr02)
Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad. (cr02)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur akan membentuk Tim Sapu Bersih (Saber) di tingkat Kecamatan untuk mencegah pungutan liar (pungli) dalam pelayanan kepada warga.

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan menjelaskan jika pembentukan Tim Saber Pungli di 10 Kecamatan, sudah dibahas dalam rapat koordinasi, pada Rabu (6/10/2021). 

“Kita lakukan pengetatan dan pencegahan di tiap Kecamatan. Ini dapat menekan celah yang dapat terjadinya pungutan liar," ucap Eka, Kamis (7/10/2021).

Tim tersebut akan bertugas untuk mengawasi pelayanan warga di tingkat kecamatan dan setiap kelurahan serta menerima laporan warga terkait pelayanan lalu mengadukan ke Inspektorat Kota.

Anggota Tim Saber Pungli tingkat Kecamatan ini terdiri dari Camat, Wakil Wakil Camat, Sekretaris Kecamatan, Kasi Pemerintahan Kecamatan, dan para Lurah di masing-masing wilayah.

"Tim ini bersifat melakukan pencegahan, untuk tindaklanjut tetap di Inspektorat Kota. Tim juga bertugas memaksimalkan sosialisasi terhadap kelompok kerja di wilayah masing-masing," ujarnya.

Kepala Inspektorat Pemkot Jakarta Timur Supendi menuturkan terdapat lima bidang yang harus diperhatikan dalam menciptakan bebas pungli sebagaimana dirancangkan Pemprov DKI Jakarta.

Kelima bidang itu melingkupi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas melakukan pelayanan, operasional, sarana dan prasarana, penganggaran, serta inovasi dan kreasi.

“Di sini, kita inginkan peran dari Tim Saber Pungli di tingkat Kelurahan dan Kecamatan dalam lakukan berbagai inovasi meminimalisir pencegahan pungutan liar khusunya dalam pelayanan di tingkat RT/RW dan kelurahan,” terangnya. (Cr02/PKL04)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT