Tolong Disimak Bun, dr Reisa Bagikan Tips Aman Suntik Vaksin Bagi Ibu Hamil, Perhatikan Usia Kehamilannya Ya

Selasa, 5 Oktober 2021 17:24 WIB

Share
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro. (biro pers)
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro. (biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan akhirnya mengizinkan program vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.

Keputusan vaksinasi Covid-19 ini diambil setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 terhadap ibu hamil yang meningkat.

Untuk mengurangi dampak tersebut,  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Saat ini, jenis vaksin Covid-19 yang baru tersedia di Indonesia adalah vaksin Sinovac dan Coronavac produksi Cina, serta vaksin AstraZeneca dari Inggris. Vaksin ini terbuat dari virus yang dimatikan (inactivated virus), sehingga tidak dapat menimbulkan penyakit Covid-19.

Berdasarkan surat keputusan Kementerian Kesehatan yang diterbitkan pada Agustus 2021, vaksin Covid-19 yang boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui di Indonesia adalah vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Awalnya WHO tidak menganjurkan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Namun, WHO kemudian merevisi pernyataannya dan memperbolehkan wanita hamil untuk menerima vaksin COVID-19, terutama bila wanita tersebut termasuk dalam kelompok yang rentan seperti tenaga kesehatan.

WHO telah menganjurkan pemberian vaksin CoronaVac Sinovac, Oxford/AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer BioNTech untuk ibu hamil dan ibu menyusui apabila manfaat dinilai lebih besar dari risiko, misalnya pada kelompok yang rentan.

WHO juga menyatakan bahwa meskipun data tentang penggunaan vaksin Covid-19 pada ibu hamil masih terbatas, vaksin tipe inactivated untuk penyakit lain seperti hepatitis B dan tetanus selama ini dapat digunakan dengan aman pada ibu hamil.

Mengenai hal itu, Juru bicara pemerintah untuk Covid-19, Dr. Reisa Broto Asmoro memberikan beberapa tips penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum melakukan vaksinasi.

1. Konsultasikan keinginan vaksinasi terhadap dokter kandungan terlebih dahulu

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar