ADVERTISEMENT

Sepasang Suami Istri Curi iPhone dengan Membawa Anak, Kriminolog UI: Itu Modus, Anak Dijadikan Pengalih Perhatian!

Selasa, 5 Oktober 2021 05:40 WIB

Share
Ilustrasi, pasangan suami istri curi iPhone dengan membawa anak. (Foto/unsplash)
Ilustrasi, pasangan suami istri curi iPhone dengan membawa anak. (Foto/unsplash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pasangan suami istri dengan mengajak anak nekat merampas iPhone yang sedang ditaruh di depan dasbord motor sedang diparkir depan Toko Sayur Madina, Jalan Raya RTM, Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (4/10/2021) pagi.

Pakar Kriminolog Universitas Indonesia, Josias Simon, menanggapi kasus pencurian yang dilakukan suami istri dengan memang membawa anak tersebut.

Menurutnya, suami istri mencuri dengan membawa dua anaknya itu merupakan salah satu modus yang dilakukan oleh pelaku.

"Ini modus pencurian membawa anak sebagai pengalih perhatian," ujarnya dikonfirmasi Senin (4/10/2021).

Dikatakan Josias, pelaku memanfaatkan kepolosan sang anak untuk melakukan aksi kejahatan sebagai bagian dari eksploitasi anak secara ekonomi.

Menurutnya, pelaku menggunakan modus dengan membawa anaknya lantaran pelaku sudah kehabisan akal untuk mencuri, namun tidak terlalu terlihat.

"Tapi memang dengan membawa anak membuat orang lain tak yakin yang bersangkutan akan melakukan pencurian," paparnya.

Josias melanjutkan, polisi harus menangani kasus dengan baik. Pelaku pun harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tapi bila kerugian ringan (kesepakatan dengan korban) bisa digunakan model penyelesaian restorative justice," pungkasnya.

Terpisah, Dosen Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kementerian Hukum dan HAM, Reza Indragiri mengatakan, anak-anak identik sebagai sosok yang polos.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT