ADVERTISEMENT

Di Banten Ada 13 PSN Dengan Nilai Investasi Rp652 Triliun, Gubernur WH: Waduk Karian dan Tol Serang-Panimbang Akan Jadi Solusi

Senin, 4 Oktober 2021 19:10 WIB

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). (foto Luthfi) 
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). (foto Luthfi) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID – Sebagai wilayah penyangga Ibukota serta daerah yang sedang berkembang, Provinsi Banten mendapat support ‘subsidi’ pembangunan dari pemerintah pusat melalui Proyek Strategis Nasioanl (PSN).

Kini, di Banten ada 13 PSN dengan nilai investasi Rp652 Triliun. Berkat kerja sama semua pihak, ada 13 PSN yang dikerjakan di Provinsi Banten dengan nilai investasi seluruhnya mencapai Rp652,35 triliun.

Proyek Strategis Nasional(PSN)  itu dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (PP) no 56 tahun 2018. Menurut Gubernur Wahidin Halim (WH), nantinya kalau Waduk Karian selesai pembangunannya akan menjadi solusi solusi pengairan sawah dan air minum, dan Jalan tol Serang-panimbang jadi solusi konektivitas utara selatan banten.

“Ada waduk Sindang Heula, Waduk Karian, tol Cengkareng-Kunciran dan Serpong-Pamulang, tol Serang-Panimbang dan lain sebagainya,” kata Gubernur Banten Wahidin halim (WH), Senin (4/10/2021).

Diakui WH, berkat kerja sama semua pihak, Waduk Sindangheula telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 4 Maret 2021 lalu.

“Mudah-mudahan selesainya Waduk Sindangheula bisa segera disusul dengan tuntasnya pembangunan waduk Karian,” harapnya.

Jika kedua waduk itu selesai dilakukan pembangunanya, bisa menjadi bagian dari solusi pengairan dan air minum guna memenuhi kebutuhan masyarakat, pertanian  dan  industri. “Termasuk untuk suplay air baku wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,” imbuhnya.

Untuk pembangunan jalan tol Serang-Panimbang, menurut WH, hal itu sebagai salah satu solusi konektivitas antara utara dan selatan Banten yang  diharapkan bisa tuntas pembangunannya pada tahun 2023, dan secara bertahap pada tahun 2021 dapat dioperasikan seksi 1 Serang-Rangkasbitung. 

“Jalan tol ini harus memberikan multiplier effect bagi pemerataan pembangunan dan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat seperti pariwisata, pertanian, industri, transportasi dan sektor lainnya,” ujarnya.

Pemprov Banten juga memberikan dukungan atas inisiatif pemerintah untuk membangun empat ruas tol baru di Tangerang yaitu ruas tol Serpong-Balaraja, Kamal-Teluk Naga-Rajeg-Balaraja, Semanan-Balaraja, dan Pakuhaji-Sepatan Timur–Negalasari-Bandara Soekarno Hatta. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT