ADVERTISEMENT

Bantu Puluhan Anak Penderita Thalasemia, Pokja Wartawan Lebak Gelar Donor Darah Berhadiah Beras dan Sembako

Senin, 4 Oktober 2021 21:24 WIB

Share
Pokja wartawan harian dan elektronik Lebak menggelar acara donor darah (foto: yusuf)
Pokja wartawan harian dan elektronik Lebak menggelar acara donor darah (foto: yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Kabupaten Lebak menggelar acara donor darah di Museum Multatuli, Rangkasbitung, Senin (4/10/2021).

Kegiatan tersebut digelar oleh para kuli tinta ini untuk memenuhi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Lebak yang mana darahnya itu digunakan untuk orang yang membutuhkan pertolongan transfusi darah seperti penderita Thalassemia.

Di Kabupaten Lebak sendiri diketahui terdapat 74 anak yang mengidap kelainan darah turunan orang tua. Yang mana mereka setiap bulan membutuhkan transfusi darah secara rutin.

Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak Mastur Huda mengatakan, 
acara itu sendiri juga digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari jadi  ke-2 Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak.

Katanya, dalam donor darah tersebut pihaknya yang bekerjasama dengan PMI Lebak ini sendiri berhasil mengumpulkan sedikitnya 76 kantong darah berbagai golongan.

"Awalnya kita targetkan 50 pendonor, namun ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi sehingga target itu bisa terlampaui dengan jumlah pendonor yang mencapai 76 orang," katanya di Museum Multatuli. 

Dikatakanya, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pendonor, pihaknya juga sudah menyiapkan paket beras, sembako, dan bahkan buah-buahan untuk orang yang sudah mau mendonorkan sedikit darahnya itu. Selain itu, pihaknya juga turut melakukan kegiatan santunan anak yatim.

"Ini bentuk ikhtiar kita untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di UDD PMI yang mengalami krisis, dan membantu warga tak mampu khususnya anak yatim,” katanya. 

Sementara, Koordinator mobil unit UDD PMI Lebak Adi Setiadi mengatakan, dengan adanya kegiatan ini (donor darah) bisa membantu memenuhi kebutuhan darah di UDD PMI. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 minimnya kegiatan jemput bola membuat stok darah menipis.

"Kebutuhan kita itu mencapai 1200 kantong perhari, jumlah itu cukup tinggi. Namun dengan situasi Pandemi ini membuat kami kewalahan sehingga stock di PMI Lebak mengalami krisis. Untuk itu, kami sampaikan terimakasih kepada Pokja karena telah membantu memenuhi stock darah kami," tandasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT