ADVERTISEMENT

Awas! Ahli di Wuhan Minta Penyintas Covid-19 Cek Kondisi Tubuh Setahun Kemudian, 2 Gejala Berbahaya Ini Bisa Kembali Terjadi

Minggu, 3 Oktober 2021 15:34 WIB

Share
Ahli minta penyintas Covid-19 waspada (pixabay/DarkoStojanovic)
Ahli minta penyintas Covid-19 waspada (pixabay/DarkoStojanovic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pasien yang sudah sembuh dari Virus Corona atau biasa dikenal dengan penyintas Covid-19 diminta waspada.

Pasalnya ahli memperingatkan, akan ada 2 gejala yang kemungkinan kembali terjadi setahun kemudian.

Diketahui, sebuah penelitian di Wuhan menunjukkan bahwa setengah dari penyitas covid yang sempat dirawat di rumah sakit dan dinyatakan sembuh, kembali merasakan gejala lagi.

Studi tersebut menunjukkan adanya 68 % pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 yang dirawat di rumah sakit masih mengalami setidaknya satu gejala setelah 6 bulan.

Angka tersebut kemudian menjadi turun sekitar 49 % setahun setelah pasien terinfeksi. Jadi setengah dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit pun pulih, namun sebagian besar gejala tersebut muncul setelah 12 bulan atau setahun kemudian.

Di antara para penyintas Covid-19 yang masih mengalami efek Covid-19 setelah satu tahun, dua gejala umum yang mereka rasakan adalah kelelahan dan kelemahan otot.

Namun, banyak para penyintas Covid-19 mengaku mengalami dua gejala tersebut lebih cepat 6 bulan setelah terinfeksi dibandingkan setelah setahun terinfeksi.

Selain itu, data mengungkapkan bahwa pasien Covid-19 dengan gejala sesak napas sedikit meningkat dari 26 % menjadi 30 %. Tak hanya itu, banyak penyintas Covid-19 yang mengaku mengalami kecemasan bahkan depresi setelah setahun terinfeksi.

“Pengaruh Covid-19 yang lama pada kesehatan mental memerlukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar ahli kesehatan. 

Di sisi lain, seorang peneliti mengungkapkan bahwa gejala depresi pada penyintas Covid-19 bisa disebabkan oleh proses biologis yang terkait dengan infeksi virus Covid-19 sebelumnya atau respon imunitas tubuh terhadap virus.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT