ADVERTISEMENT

Wow! Penerima Vaksin Jenis Ini Beruntung, Ahli Beberkan Efeknya Bisa Kebal dari Berbagai Macam Varian Covid-19

Jumat, 1 Oktober 2021 11:43 WIB

Share
Penerima Vaksin Jenis Ini Beruntung (Pixabay/fernandozhiminaicela)
Penerima Vaksin Jenis Ini Beruntung (Pixabay/fernandozhiminaicela)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Studi baru menunjukkan bahwa beberapa orang yang tertular Covid-19 setelah menerima vaksin mRNA seperti Pfizer atau Moderna ternyata bisa memiliki tingkat kekebalan yang tinggi.

Dengan kekebalan yang tinggi, menandankan orang tersebut mampu menetralkan berbagai jenis Covid-19 dan virus lainnya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Rockefeller University (AS), antibodi 14 orang yang divaksinasi setelah terinfeksi Covid-19 mampu menetralkan 6 strain SARS-CoV-2.

Termasuk Delta dan Aeta, dan banyak virus terkait lainnya seperti SARS-CoV-1 (virus pertama kali ditemukan pada tahun 2003).

"Orang dengan kekebalan campuran cenderung relatif terlindungi dari sebagian besar dan mungkin semua galur SARS-CoV-2 yang dapat kami deteksi dalam waktu dekat," ahli virologi Orang-orang ini juga memiliki tingkat kekebalan tertentu terhadap virus mirip SARS di masa depan, Paul Bieniasz dari Universitas Rockefeller.

Studi lain menemukan bahwa orang sehat yang sebelumnya memiliki Covid-19 dan menerima 1 dosis vaksin memiliki tingkat antibodi tinggi.

Yaitu antara 6 hingga 100 kali lebih tinggi daripada mereka yang menerima 1 atau 2 dosis, atau mereka yang sebelumnya memiliki Covid-19 dan tidak divaksinasi.

Perlu diketahui, vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri.

Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT