Download E-Paper

Wapres Berharap Kerja Sama Indonesia-Qatar Diperluas di Bidang Ekonomi

Rabu, 13 Januari 2021 - 23:45
Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berharap, kerja sama antara Pemerintah Qatar dengan Pemerintah Indonesia dapat lebih diperluas melalui berbagai sektor ekonomi, perdagangan dan investasi.

“Saya juga berharap kerja sama ekonomi, terutama kami Indonesia sekarang sedang membangun Indonesia maju dan membuka investasi-investasi dari berbagai negara, dan kami mempunyai berbagai kawasan-kawasan ekonomi khusus," terang Wapres Ma’ruf ketika menerima Duta Besar (Dubes) Qatar, Fawziya Edress Salman Al-Sulaiti secara virtual, Selasa (12/1/2021).

Wapres memaparkan, kawasan-kawasan industri yang sedang dikembangkan. "Bahkan kami juga sedang mengembangkan industri halal di Indonesia karena potensi industri halal di dunia cukup besar, karena itu kami juga mengajak Pemerintah Qatar untuk berinvestasi di Indonesia dan kami sangat terbuka,” jelas Wapres.

Baca juga: Usai Terima Surpres Lembaga Pengelola Investasi, Puan: Investasi Dapat Kurangi Jumlah Pengangguran

Wapres menilai era digitalisasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang sains dan teknologi menjadi suatu keharusan. Untuk itu, Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan mendorong kerjasama bilateral dengan Pemerintah Qatar melalui pengembangan Universitas Islam Nusantara (UNINUS).

“Kita terinspirasi oleh berbagai negara termasuk Qatar yang memiliki kemajuan baik di dalam sains maupun teknologi, saya harap keunggulan Qatar juga bisa didistribusikan kepada Indonesia melalui UNINUS, " kata KH Ma'ruf Amin.

"Jadi tidak hanya membantu finansial atau pembangunan, tetapi diharapkan Qatar juga memberikan asistensi di dalam rangka kemajuan dan pengembangan ilmu dan pengetahuan terutama teknologi dan sains,” tegas Wapres.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta MUI Untuk Tetap Melayani Umat

Wapres menyampaikan, melalui misinya UNINUS menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, berakhlak mulia (akhlakul karimah) dan memiliki wawasan kebangsaaan, serta rasa cinta tanah air, mengintegerasikan, dan mensyiarkan nilai-nilai islam ahlusunnah waljamaah nahdliyyah.

“UNINUS merupakan salah satu perguruan tinggi yang kita harapkan menjadi pusat pembinaan, pusat pembangunan manusia atau bahasa yang kita pakai kawah candra di muka untuk membangun kader-kader bangsa yang memiliki orientasi keislaman yang moderat (wassathiyyah)," jelas Wapres.

"Karena itu kerja sama yang baik ini khususnya antara UNINUS dan Kedutaan Besar Qatar dan secara umum antara Pemerintah Qatar dan Pemerintah Indonesia saya kira hal yang menjadi penting,” ungkapnya.

Baca juga: Satgas PMI Amankan 21 Calon Pekerja Migran yang Akan Ditempatkan ke Qatar Secara Ilegal

Dalam kesempatan itu, Wapres didampingi  Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Staf Khusus lainnya yaitu Masykuri Abdilah, Robikin Emhas dan Mohamad Nasir. (johara/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->