ADVERTISEMENT

Pramuka Jakarta Gandeng UNJ Kembangkan Generasi Muda dengan Pendidikan Kepramukaan 

Kamis, 23 September 2021 21:08 WIB

Share
Ketua Kwarda DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan (baju putih). (ist)
Ketua Kwarda DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan (baju putih). (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta bersilaturahmi dengan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) beserta jajaran, Kamis (23/9/2021).

Pimpinan Kwarda DKI Jakarta yang dipimpin Ketua Kwarda DKI Jakarta Kak Fadjar Panjaitan diterima secara langsung oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Komarudin, M.Si. didampingi para wakil rektor dan dekan, dan kepala lembaga serta pengurus Gerakan Pramuka di lingkungan UNJ.

Dalam pengantarnya Kak Fadjar menyebut bahwa penjajakan kerja sama tersebut didasari oleh kepentingan pengembangan generasi muda melalui pendidikan kepramukaan.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi terdepan yang menyiapkan calon pendidik, UNJ dinilai sebagai lembaga yang tepat untuk visi tersebut, sebagaimana disampaikan Kak Fadjar dengan harapan kerja sama ini dapat mengembangkan pendidikan kepramukaan melalui para tenaga pendidik.”

Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut, Kwarda DKI Jakarta membahas beberapa agenda rencana kerja sama dalam berbagai bidang. Termasuk di antaranya yang berhubungan dengan internal UNJ seperti upaya peningkatan kualitas pendidikan kepramukaan di UNJ dengan dukungan Kwarda DKI Jakarta termasuk aktivitas Kuliah Kerja Nyata bernuansa kepramukaan, pembekalan mahasiswa Bidikmisi dengan sertifikasi Kursus Mahir Dasar, dan pengembangan Gugus Depan UNJ sebagai percontohan gugus depan lengkap.

Selain itu juga dibahas agenda kerja sama yang berhubungan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Salah satunya ialah rencana penelitian sebagai dasar pengembangan pendidikan kepramukaan di DKI Jakarta termasuk di antaranya penelitian inovasi program kepramukaan dan pembaruan syarat-syarat kecakapan dalam kepramukaan.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana kerja sama berupa penyediaan jalur masuk yang disediakan oleh UNJ untuk pelajar yang aktif dalam kegiatan organisasi. Termasuk di dalamnya jalur masuk untuk anggota Gerakan Pramuka yang aktif dalam organisasi di tingkat kwartir dan memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun dalam bidang kepramukaan

Hasil pertemuan tersebut Rektor UNJ dan seluruh jajaran menyambut baik serta antusias terhadap penjajakan kolaborasi antara Kwarda DKI Jakarta dan UNJ. 

Turut mendampingi dalam rombongan Kwarda DKI Jakarta Wakil Ketua bidang Organisasi dan Hukum Kak Paulus Tjakrawan, Wakil Ketua bidang Pengabdian Masyarakat Kak Ratiyono, Sekretaris Kwarda DKI Jakarta Kak Triadi Suparta, dan Bendahara Kwarda DKI Jakarta Kak Sri Utami.


 

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT