ADVERTISEMENT

Ratusan Narapidana Ikuti Trauma Healing Pasca Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang 

Kamis, 16 September 2021 16:10 WIB

Share
Lapas Kelas I Tangerang. (Iqbal)
Lapas Kelas I Tangerang. (Iqbal)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID -   Setelah mengalami kebakaran hebat di Lapas Kelas I Tangerang, Ratusan narapidana, jalani trauma healing oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Dalam melakukan trauma healimg ini Pemkot Tangerang melibatkan dua orang dokter psikiater. Trauma healing ini dilakukan di Klinik Lapas Kelas I Tangerang.

Pada praktiknya para narapidana mengantre agar dapat melakukan konsultasi dengan dokter tersebut. 

Salah satu dokter Amir, selaku Kabid pelayanan medis dan keperawatan RSUD Kota Tangerang, proses konsultasi tidak berlangsung dadakan, melainkan ada tahapan dan pemetaan yang dikerjakan.

"Trauma healing ini kita prosesnya enggak mendadak, ada tahapannya dari awal kebakaran itu," ungkap dr Amir, Kamis (16/9/2021).

Tahapan awal, lanjut Amir, tim psikiater menyebarkan quesioner terlebih dulu untuk melihat sejauh mana trauma yang diderita. Setelah melihat jawaban dari quesioner tersebut, para napi yang selamat ini akan dipertemukan dan konsultasi dengan psikiater. 

"Ada dua dokter yang kita libatkan, semuanya dari RSUD Kota Tangerang, "katanya.

Namun demikian, kata Amir, bukan hanya para Narapidana di Blok CII saja yang dapat mengikuti trauma healing. 

"Dari blok sekitarnya juga boleh. Seperti C1, C3 dan mereka yang melihat langsung kejadian kebakaran tersebut," jelas dia.  

Dia menambahkan lantaran untuk konsultasi ini dilakukan intens, tim psikiater dari RSUD Kota Tangerang pun bukan hanya sehari saja di sana. Melainkan bertahap hingga Jumat, 17 September 2021. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT