Kenapa Ada Mesin 2Tak dan Mesin 4Tak? ini Dia Perbedaannya

Selasa 14 Sep 2021, 16:58 WIB
Motor Suzuki TS125 dengan mesin 2Tak, salah satu motor dual purpose favorit para adventurer di era 90an. (foto/dok-iksan)

Motor Suzuki TS125 dengan mesin 2Tak, salah satu motor dual purpose favorit para adventurer di era 90an. (foto/dok-iksan)

Namun mesin 4Tak justru tidak keluar asap dari knalpotnya.

Tapi di mesin 4Tak juga bisa terlihat ngebul apabila mesin sudah tidak normal akibat masuknya pelumas atau oli masuk ke ruang bakar.

Perbedaan besarnya ada pada jumlah langkah yang diperlukan dalam satu siklus pembakaran yakni 2 dan 4 langkah.

Dalam satu siklus mesin 4Tak, ada langkah hisap - kompresi - bakar - buang.

Sedangkan di motor 2Tak, langkah hisap dan buang terjadi bersamaan saat piston bergerak ke bawah (TMB). 

Sedangkan langkah kompresi dan bakar terjadi bersamaan saat piston bergerak ke atas (TMA).

Akibat siklus yang lebih singkat untuk menghasilkan tenaga, biasanya mesin 2Tak punya keunggulan lebih responsif saat akselerasi.

Namun ada konsukuensinya, yakni bahan bakar jadi lebih boros.

Komponen yang ada pada mesin 2Tak juga lebih sedikit.

Pada mesin ini tidak ada klep in dan out hingga noken as.

Bahan bakar masuk lewat inlet port (saluran hisap) dan transfer port (saluran transfer).

Sedangkan pada mesin 4Tak, bahan bakar masuk lewat klep in yang diatur bukaannya oleh noken as.

Berita Terkait
News Update